Merayakan Keragaman: Pesta Blogger di Dunia

The Corrs

Berawal dari tahun 1997, saat aku mendengarkan sebuah lagu berjudul “What Can I Do?”, aku langsung merasa suka dengan kelompok musik ini, The Corrs. Bukan hanya karena rupawan  tetapi juga yang lebih penting lagi mereka benar-benar bertalenta dan berkarakter. Meskipun benar penampilan sangat berpengaruh dalam dunia showbiz, tetapi yang mereka ‘jual’ sebagian besar adalah bakat bermusik, bukan lekuk tubuh, detil kehidupan pribadi, kehidupan glamor atau sensasi karena terjerat kecanduan alkohol atau obat-obatan terlarang.

Keragaman adalah anugrah dan merayakan keragaman adalah salah satu inti kehidupan. Dalam grup musik ini, kutemukan arti keragaman itu. Masing-masing personel memiliki spesifikasinya sendiri. Jim Corr bermain dengan keyboard, gitar dan piano. Sharon mempesona dengan gesekan biolanya yang menjadi ciri khas irama musik Celtic. Caroline tidak kalah dengan bakatnya menabuh drum dan bodhran. Dan yang terakhir tentu saja Andrea  yang selalu menjadi pusat perhatian dengan lengkingan tin whistle-nya yang merdu. Tidak ada yang mencoba mendominasi satu sama lain. Justru mereka saling melengkapi, dan perbedaan itu justru menambah indah musik yang mereka tampilkan. Posisi mereka yang setara juga mengharuskan masing-masing Corr bersaudara ini untuk menulis 1/4 bagian dari album yang dikeluarkan. Mereka disatukan tidak hanya oleh ikatan darah, tetapi juga gairah yang meluap dalam bermusik. Dan memang begitulah idealnya merayakan keragaman. Meski berbeda, kita harus temukan persamaan yang bisa melekatkan dan memperkuat.

Beragam Pesta Blogger di Dunia

Sangat menarik mengamati perkembangan dunia blogging di akhir dekade pertama abad milenium ini. Berbagai konferensi, tatap muka, perayaan, atau pesta yang melibatkan para blogger terus menerus bermunculan. Tema yang mereka gunakan pun beragam. Beberapa di antaranya sangat unik, yaitu:

Konferensi Blogger Bir (International Beer Bloggers and Online Media Conference)

Konferensi blogger bir ini terinsipirasi oleh sebuah konferensi mengenai anggur yang sukses diadakan 2 tahun lalu . Pertemuan para blogger yang mengangkat tema bir sebagai pemersatu mereka belum berlangsung karena direncanakan akan diadakan di Boulder, Colorado, AS pada tanggal 5-7 November 2010 nanti. Kegiatan ini dimotori oleh Zephyr Adventures, sebuah perusahaan pimpinan Allan Wright yang telah menjalankan kegiatan tur keliling dunia selama 14 tahun yang melibatkan kegiatan olahraga luar ruangan dan petualangan anggur. Tahun ini Zephyr memasukkan bir sebagai agenda mereka. Acara temu blogger bir pertama di dunia ini direncanakan akan menghadirkan materi yang berbobot sesuai minat peserta, yaitu bagaimana memonetisasi blog mereka secara maksimal dengan menggunakan platform WordPress, bagaimana blogging mengenai bir di Amerika Utara berbeda dari Eropa, bagaimana cara menambah jumlah pembaca blog, bagaimana media sosial digunakan sebagai alat optimisasi mesin pencari, menggunakan video sebagai konten dalam blog, dan bagaimana mewawancarai seorang nara sumber dalam sebuah industri dengan baik.

Young, Fat, and Fabulous Blogger Conference

“Muda, gemuk, dan menarik” merupakan sebuah perpaduan kata sifat yang agak menghenyakkan dunia yang sudah teragitasi dengan doktrin “langsing itu sehat dan indah”. Tapi begitulah kaum muda bertubuh ekstra ini dengan percaya diri menggambarkan diri mereka. Konferensi blogger muda bertubuh tambun ini telah berlangsung 9-11  Juli 2010 yang lalu. Pesta ini menjadi yang pertama bagi blogger-blogger muda dan gemuk untuk berkumpul dan ‘kopi darat’. Di sini ketertarikan terhadap dunia ‘fatshion’ (jargon serupa ‘fashion’ yang mereka ciptakan sendiri) juga merupakan sebuah prasyarat untuk berpartisipasi. Sepuluh orang blogger fatshion hadir dan meramaikan pesta ini sebagai nara sumber. Puncaknya adalah sebuah acara minum cocktail (mixer).

Konferensi Blogger Makanan Internasional

IFBC atau International Food Blogger Conference menjadi sebuah ajang yang mewadahi para blogger dan bisnis yang bergelut dalam dunia gastronomi dan kuliner untuk saling menjalin hubungan simbiosis mutualisme. Uniknya, konferensi ini seperti bertujuan hendak menjembatani antara industri makanan dengan para blogger. Para pemilik bisnis makanan bisa menggunakan jasa dan pengalaman blogger dalam membangun jaringan, menulis blog, berjejaring sosial di Twitter, dan sebagainya. Blogger yang memiliki ketertarikan dan pengalaman dalam dunia kuliner pun bisa ‘menjual’ keahlian dan pengalaman mereka dengan mewakili bisnis makanan (misalnya restoran, perusahaan makanan, dsb).

Konferensi Blogger China

Perkembangan dunia blog di China lebih maju dari Indonesia. Buktinya tahun 2009 lalu China berhasil menyelenggarakan sebuah pesta blogger yang melibatkan perwakilan blogger seluruh China. Pesta blogger di China ini telah menginjak tahun yang kelima.  Dan tahun ini (2010) akan menjadi yang keenam. Bertempat di Lianzhou, utara provinsi Guangdong, pesta blogger China ini sempat terkendala oleh kemacetan lalu lintas (ternyata bukan hanya Jakarta saja). Slogan yang disuguhkan kemarin ialah “Micro power and a boarder world“. Mengapa begitu? Jelas panitia, slogan ini mencerminkan keinginan blogger China untuk menggali lebih dalam potensi berbagai saluran dan alat berbagi informasi mikro dan implikasinya bagi kemajuan sosial, kerjasama, dan kehidupan bangsa China secara umum (sumber).

Blogworld and New Media Expo

Acara ini baru saja berlalu (tanggal 14-16 Oktober 2010 di Las Vegas). Dengan bertempat di Mandalay Bay Resort, kita bisa menduga berapa besar skala penyelenggaraan acara ini. Blogworld diisi dengan serangkaian sesi edukatif, pembicara konferensi yang mencapai lebih dari 200 orang. Blogworld diahdiri oleh blogger, pegiat media sosial, praktisi penyiaran digital, entrepreneur, orang-orang berpengaruh, perusahaan, agen periklanan dan humas, serta ahli media baru yang berpengaruh. Event ini seperti sebuah hidangan yang bergizi lengkap yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berniat menekuni industri blogging dan media secara serius. Tidak hanya blogger, podcaster, vlogger (video-blogger), broadcaster yang bergerak di media radio, TV Internet, media sosial, atau konten media baru juga turut dipersilakan ambil bagian dalam perhelatan akbar tahunan ini.

Tidak seperti Pesta Blogger kita, Blogworld memiliki beberapa faedah yang ditawarkan kepada partisipannya untuk dicapai, di antaranya ialah:

  • menciptakan blog kita sendiri dan menulis tentang topik yang menarik pembaca
  • membuat blog kita berbeda dan unik
  • mempromosikan blog kita melalui saluran distribusi konten dan media sosial
  • membangun relasi dengan blogger dan figur berpengaruh lainnya
  • memperluas audiensi podcast, video blog, Tv Internet serta acara radio internet

SXSW Interactive

SXSW Interactive merupakan sebuah acara 5 hari yang menampilkan beberapa presentasi menarik dari para ahli di bidang teknologi yang sedang berkembang dan naik daun, diisi dengan rangkaian acara networking yang dipandu oleh pemimpin dalam industri tersebut, sebuah acara gelar dagang serta sederet kegiatan lainnya yang memamerkan karya digital terbaru dan terbaik, video games, serta ide-ide inovatif yang ditawarkan komunitas internasional. SXSW 2011 akan berlangsung di Austin, Texas pada tanggal 11-15 Maret 2011.

Buat Pesta Blogger 2011 Lebih Bernas!

Bercermin dari beberapa acara di atas, agaknya ada beberapa poin yang perlu dikritisi mengenai Pesta Blogger kita. Dan kritik ini saya dasarkan kepada pengamatan saya di situs resmi pestablogger karena saya belum pernah mengikuti Pesta Blogger sebelumnya. InsyaAllah 30 Oktober nanti ikut! Jadi bisa memberikan masukan.

Poin pertama, tidak ada kejelasan agenda. Entah mengapa saya merasa bahwa Pesta Blogger (PB) kita lebih cenderung berjalan tanpa arah dan agenda yang jelas. Membaca daftar pengisi acaranya seakan kita menjadi bingung karena disuguhi menu yang begitu banyak. Tidak ditemukan sebuah titik fokus di sini.

Poin kedua, tidak ditemukan alasan mengapa harus mengikuti PB. Sebagai konsekuensi dari ketiadaan agenda yang jelas, rasanya juga mustahil untuk menarik peserta. Idealnya panitia PB 2010 mampu memberikan sedikit deskripsi mengenai apa itu PB dan bagaimana PB akan memberikan manfaat bagi pesertanya, dan bagaimana mengecewakannya jika kita tidak mengikuti event ini.

Poin ketiga, PB kurang memberikan manfaat jangka panjang secara profesional kepada partisipan. Banyak lomba diadakan, doorprize diberikan, sponsor pun tak kalah banyak. Tetapi yang sedikit disayangkan ialah PB kurang menjembatani antara industri yang membutuhkan jasa dan talenta para blogger Indonesia dengan blogger-blogger itu sendiri, yang notabene pasti akan senang untuk mendapatkan tawaran bekerjasama dengan industri-industri besar. Lomba dan kontes memang bagus, tetapi tidak memberikan manfaat jangka panjang bagi blogger dan pelaku bisnis secara keseluruhan. Hadiah-hadiah yang didapat tidak akan bertahan lama. Tetapi pengalaman dan manfaat yang didapat jika kedua pihak bekerjasama tentunya akan lebih berkesan daripada hanya sekedar memberi dan menerima hadiah.

Namun, sekali lagi tentu ini sebuah masukan sementara karena saya belum pernah memasuki event PB. Semoga saja masukan yang berupa asumsi ini akan berubah begitu mengikuti PB 2010 nanti. Mari rayakan keragaman ini dan memperkayanya dengan agenda yang lebih bermakna! Semoga!!

Author: akhlis

Writer & yogi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: