Menyoal Penggunaan Kata “Fuck”

Beberapa hari yang lalu saya ditanyai tentang frase “what the fuck” atau yang sering disingkat dengan “WTF” oleh seorang teman. Ia bertanya apakah ungkapan itu begitu kasar. Saya menjawab betul. “Fuck” adalah kata yang demikian tidak sopan sehingga penggunaannya, menurut saya, hanya untuk lingkaran pergaulan yang amat terbatas. Misalnya antarteman dekat.

Harus diakui belakangan frase tersebut sudah dikenal dan digunakan secara luas. Sebagian bahkan merasa sah-sah saja memakainya di forum terbuka, padahal bagi para penutur aslinya saja, kata “fuck” sudah demikian dihindari.

Perbolehkan saya untuk secara singkat mengutip dari Longman Dictionary of Contemporary English mengenai lema “fuck” yang kontroversial ini. Dinyatakan bahwa “fuck” termasuk dalam golongan “taboo,spoken“, yang artinya lema atau entri tersebut merupakan kata yang tidak sepatutnya digunakan karena dianggap amat kasar atau menghina, serta hanya atau kebanyakan dijumpai dalam ragam bahasa percakapan sehari-hari.

Masalah muncul saat sebagian orang, termasuk teman saya, menganggap kata “fuck” atau ungkapan lain yang mengandung “fuck” sebagai penunjuk penekanan semata seperti halnya “hell” dan “heck” serta “earth” dalam frase “what the hell/heck” dan “on earth”. Kenyataannya tidaklah demikian. “Fuck” digunakan untuk menunjukkan bahwa Anda amat sangat marah pada seseorang atau sesuatu atau bahwa Anda sama sekali tak peduli dengan orang tersebut. Konotasi hitam “fuck” juga terkait dengan maknanya yang merujuk pada hubungan suami istri.

Kekeliruan ini bisa dimaklumi karena bahasa Inggris bukan bahasa ibu atau bahasa pertama kita sebagai orang berdarah Indonesia asli yang juga tumbuh dan besar serta tinggal di Indonesia. Akan tetapi, setelah membaca penjelasan ini, diharapkan Anda bisa berpikir berjuta kali sebelum mengetikkannya di jejaring sosial atau pesan pendek.

Semoga bermanfaat!

Author: akhlis

Writer & yogi

6 thoughts on “Menyoal Penggunaan Kata “Fuck””

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: