Idiom: ‘Titik Lemah’ Penerjemah (Bag. 1)

“Idiom”. Mendengar kata itu saja sudah membuat saya ngilu, entah dengan Anda. Namun, dahulu saat masa kuliah di jurusan Sastra Inggris saya sering merasa tidak berdaya dengan pokok bahasan satu ini. Pasalnya, jumlahnya demikian banyak dan maknanya  sama sekali tidak bisa ditebak. Memahami idiom tanpa konteks juga sangat ‘menantang’, jika tidak boleh dikatakan ‘sukar’. Terlebih untuk menerjemahkannya dengan tepat.

Definisi idiom
Terminologi atau istilah “idiom” bisa didefinisikan secara singkat sebagai sekelompok kata dalam hubungan sintaksis tertentu yang memiliki makna khusus yang berbeda dari makna semua atau sebagian kata-kata yang menyusunnya (Longman Dictionary of Contemporary English, hal. 976).

Ciri idiom
Seperti yang telah saya singgung, idiom memunyai makna yang tidak bisa ditebak dan dipahami dari makna literal atau harafiah setiap kata yang menyusunnya. Idiom biasanya digunakan dalam cara yang amat terbatas dan sudah baku, tidak bisa diutak -atik sesuai selera dan kreativitas kita. Contohnya idiom bahasa Inggris “out to lunch” dalam kalimat “She is out to lunch”. Jangan diartikan mentah-mentah sebagai “keluar untuk makan siang” karena maknanya ialah “berbicara atau berperilaku aneh”.

Cara mengenali idiom
Idiom memiliki 5 bentuk utama sebagai patokan untuk membedakannya dari yang lain. Pertama, pasangan kata. Banyak idiom terdiri dari pasangan kata yang dipisahkan oleh “dan”. Urutan kata tidak bisa diubah. Misalnya, “in black and white” (tercetak jelas).

(Bersambung)

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in writing and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.