OhMyNews.com: Jurnalisme Warga a la Korea

Image

Korsel adalah satu negara di dunia yang memiliki jaringan pita lebar yang paling mengesankan di seluruh dunia. Internet telah menyentuh semua aspek kehidupan dan dengan cepat dan radikal mengubah tatanan dan perilaku masyarakatnya.

Tak terkecuali dalam bidang media baru. Sebuah situs berita muncul di Korsel dengan mengedepankan konsep yang beberapa tahun lalu mungkin masih terdengar asing: citizen journalism. Ohmynews.com, begitu nama situs ini, adalah sebuah situs yang memungkinkan semua orang yang membaca untuk berpartisipasi dalam penciptaan konten berita yang disajikan. Dan yang patut dihargai adalah bagaimana
Ohmynews.com sanggup menyita perhatian pemerintahan yang berkuasa berkat
strateginya yang ampuh dalam memengaruhi masyarakat Korsel.

Mungkin ruangan redaksi Ohmynews terlihat sama dengan kantor berita lainnya tempat sekelompok reporter bergegas untuk memenuhi tenggat waktu untuk menulis laporan, serta sekelompok editor yang bekerja keras memperbaiki draft dari para
reporter. Namun yang berbeda dari situs berita online lainnya, Ohmynews memiliki reporter di luar kantornya yang dipenuhi editor dan wartawan profesional.Ohmynews juga ternyata memiliki lebih banyak lagi ‘reporter’ di luar kantor tersebut. Para ‘reporter’ amatir yang berjuluk ‘citizen journalist’ (jurnalis warga) ini juga menjadi kekuatan di balik banyak konten yang ditayangkan di Ohmynews.com.

Seorang jurnalis warga ini adalah Lee Eun-hwa yang memiliki sebuah toko pakaian dalam wanita di luar kota Seoul. Di sela-sela kegiatan sehari-harinya sebagai pengusaha kecil, Lee menulis dan mengirimkan reportase terkininya mengenai isu-isu
aktual di sekitarnya kepada tim redaksi Ohmynews.com.

Lee berkata, “Masyarakat luas awalnya tidak menyadari bahwa kami pengusaha kecil juga sering mengalami masa-masa sulit yang mencekik. Tetapi begitu tulisan saya tertayang [di Ohmynews.com], lebih banyak orang memahami keadaan kami yang bahkan masih sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.”

Tulisan-tulisan yang dikirimkan oleh jurnalis warga seperti inilah yang membuat Ohmynews.com selalu dikunjungi lebih banyak orang dari hari ke hari. Sebanyak setengah juta pengunjung rela menyisihkan waktu mereka untuk membaca artikel
terbaru di Ohmynews.com setiap hari. Sebagian besar para pembaca Ohmynnews.com adalah kelompok pria muda yang familiar dengan teknologi.

Kelompok ini jugalah yang memiliki keberanian dan kemampuan untuk mengubah kondisi sosial politik budaya di masyarakat Korsel.

ImageOhmynews.com didirikan oleh Oh Yeon Ho yang juga menjabat sebagai CEO. Ia
mengepalai sebuah tim redaksi yang beranggotakan 50 orang lebih reporter dan editor profesional. Selain itu, ada lagi sekitar 36 ribu reporter amatir alias jurnalis warga yang bersedia menjadi pewarta berita bagi situs tersebut setiap hari.

Oh dengan mantap berujar, “Kami menyebut ini sebagai jurnalisme abad 21. Jurnalisme yang tidak cuma satu arah tetapi dua arah”.

Tak kurang dari 150 artikel baru muncul di laman tersebut per hari. Lalu apa
rahasianya agar semua jurnalis amatir itu setia untuk tetap mengirimkan tulisan mereka? Ternyata jika tulisan mereka mampu menarik banyak pembaca dan berbobot layaknya berita yang ditulis oleh reporter profesional, mereka akan diganjar
dengan imbalan uang setara dengan 20 dollar AS untuk tiap artikel yang diterbitkan.

Namun demikian, Ohmynews juga memiliki ‘musuh’. Sejumlah pihak keberatan dengan ditayangkannya konten yang kurang berimbang dan kurang objektif. Yoon Young-chul, analis media dari Yongse University, mengemukakan bahwa mayoritas
konten yang ditayangkan oleh Ohmynews kurang berimbang dalam penyajiannya.Tak pelak, situs berita online itu pun menuai sejumlah tuntutan hukum.

“Tulisan yang dibuat oleh reporter warga kami memang terkesan tidak profesional. Namun, bagi saya itulah yang menjadi kelebihan kami di sini dibandingkan media lainnya yang lebih konservatif. Mereka tidak selalu mengikuti pola yang baku layaknya pekerja pers berpengalaman. Para jurnalis warga ini hanya mengikuti gaya mereka masing-masing dalam menulis.

Walaupun tidak bisa memenuhi ekspektasi sebagian kalangan tersebut, Ohmynews tetap saja melaju, bahkan perusahaan sekaliber LG Electronics pun tak ragu untuk memasang iklan online di laman depan Ohmynews.com.

Tampaknya ada dua senjata yang dimiliki oleh Ohmynews.com untuk terus melaju di kancah persaingan: iklan online yang makin menguntungkan dan sistem pemberian tip atau imbalan bagi jurnalis warga yang mengirimkan konten yang berkualitas dan
menarik.

Namun, Lee Eun-hwa sebagai pelaku UKM yang juga menjadi reporter warga Ohmynews mengatakan tujuan utamanya menulis di sana bukan untuk mendapatkan imbalan uang yang banyak. “Dengan menulis saya lebih mampu untukmengamati lebih dalam apa yang sedang terjadi di sekitar saya dan memberikan sudut pandang yang proaktif terhadap isu-isu yang saya anggap krusial”. (*Spark/ CNN)

Leave a comment

Filed under Korea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s