Ternyata Dulu Google Ingin Subsidi Pengguna Android

Screenshot of Android Emulator for SDK (latest...
Screenshot of Android Emulator for SDK (latest version, now v2.3) (Photo credit: Wikipedia)

Fakta masa lalu ini ialah satu bagian dari sejumlah fakta menarik yang bermunculan seputar maraknya perselisihan antara Google dan Oracle yang pada intinya berhubungan dengan tuduhan pelanggaran hak paten dan Android. Ponsel rancangan Google yang direncanakan pada awalnya untuk dijual ke pasar sebenarnya tidak didominasi layar sentuh seperti yang kita ketahui kini.Tak hanya pemerintah kita yang getol menerapkan kebijakan subsidi. Google dulu juga pernah berniat melakukannya pada para pengguna perangkat Android. Namun, itu hanya sebatas wacana karena kita ketahui itu tidak pernah terjadi hingga sekarang.

Jadi, kembali pada soal subsidi tadi. Ternyata Google pernah melemparkan usulan untuk memberikan subsidi. Untuk apa subsidi tersebut? Subsidi itu diberikan bagi para early adopter Android atau mereka yang menggunakan Android pada tahap awal saat sistem operasi ini baru bisa digunakan kalangan terbatas. Alasan Google hendak melakukannya ialah untuk mempromosikan Android sebagai sistem operasi perangkat mobile baru yang belum banyak diadopsi orang.
Menurut detil yang didapat, Google berniat untuk mengucurkan subsidi biaya data dengan T-Mobile untuk pengguna ponsel pintar Android sebanyak 9,99 dollar per bulan. Paket abonemen data ini diperuntukkan bagi Google agar menjual ponsel secara langsung melalui toko dan gerainya sendiri. T-Mobile sendiri rencananya akan memberikan paket tersebut. Jika terealisasi, Google mungkin tidak akan mendapat keuntungan dari T-Mobile atau dari penjualan perangkat Android dan sudah menggunakan uang itu untuk  mengganti biaya paket data bagi pengguna.

Meski tampaknya rencana yang matang dan sesuatu yang akan disambut baik konsumen, sayangnya kesepakatan Google dan T-Mobile urung terealisasi saat T-Mobile tak pernah menawarkan paket data pada kisaran tersebut di atas. Google juga menemukan bahwa menjual ponsel pintar secara langsung tidak terlalu menguntungkan.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda sebagai pengguna Android juga masih menginginkan rencana ini diwujudkan oleh Google?
[via SlashGear]

Author: akhlis

Writer & yogi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: