Yuk Perpendek Hidup dengan Makan Banyak Daging!

Karena alasan kecantikan, kesehatan, cinta lingkungan  dan hewan dan kurangi pemanasan global, sebagian orang berpantang makanan dari hewan dan produk turunannya. Makin banyak orang yang dari waktu ke waktu mengadopsi pola makan vegetarian hal ini bisa dilihat dari banyaknya restoran dan depot makan yang melayani segmen vegetarian. Yang padat pengunjung  sehingga mereka yang menganut pola makan vegetarian akan lebih mudah memenuhi kebutuhan makanan mereka sehari hari dan tidak akan mudah bosan dengan menu makanan yang monoton.

Indonesia vegan society sebagai satu wadah berkumpulnya vegan dan vegetarian sejati di tanah air kembali mengadakan acara gathering dengan sharing yang begitu menarik yakni “Cara Hidup Bahagia dengan Menjadi Seorang Vegan” di Dapur Teratai, depot rumah makan yang menyediakan menu makanan sehat vegetarian.

 

Banyak orang yang masih belum memahami perbedaan antara istilah “vegan” dan “vegetarian”. Menjadi vegan adalah dengan menjadi vegetarian murni, hanya dengan makan biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah bahkan menghindari penggunaan produk hewani seperti kulit hewan atau kosmetik yang mengandung produk hewani.

 

Presiden Vegan Society Indonesia, Prof. Dr. Susianto, ikut berbagi dengan menjelaskan bagaimana menjadi vegan sejati akan menjadi cara hidup alternatif dan pilihan yang bijaksana dengan menjaga kesehatan kita.

 

“Vegan itu sangat penting. Saya beralih dari lacto ovo vegetarian menjadi vegan karena menurut penelitian, menjadi vegan membantu menekan risiko mengidap penyakit degeneratif seperti sakit jantung, diabetes, stroke, obesitas, hipertensi, dan sebagainya,” jelas Susianto.

 

Ada satu penelitian menarik, kata Sucianto, mengenai gaya hidup vegan. “Orang yang makan daging dan merokok memiliki risiko menderita penyakit jantung koroner lebih tinggi sampai kira-kira 70%,” ungkap pria bertubuh subur namun sehat ini.

 

Sayangnya masih banyak orang yang merasa ragu dengan pola hidup vegetarian ini. Pertanyaan seperti “Apakah vegetarian bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk aktivitas sehari-hari?” ternyata masih menjadi pertanyaan yang menggantung di benak orang awam yang masih asing dengan istilah ini.

 

Satya Wira Aryawan, seorang ahli gizi, memberikan penjelasan yang mengkoreksi pandangan yang keliru yang sering ditemui di kalangan awam saat ini mengenai pola makan, yaitu manusia memerlukan daging dalam jumlah besar untuk mencukupi gizi yang dibutuhkan. Namun, kita tak pernah tahu bahwa dengan memakan daging , kita akan menerima risiko lebih tinggi mengidap penyakit yang merusak tubuh kita.

 

Satya memberikan sekilas kiat untuk mereka yang berkeinginan menjadi vegan,”Mereka yang mau menjadi vegetarian perlu menemukan alasan yang kuat, misalnya untuk alasan kesehatan, untuk menanggulangi kelaparan dunia, demi mengurangi dampak pemanasan global.”

 

Tak hanya sampai di situ. Menurut Satya, mereka yang bertekad menjadi vegan juga sangat disarankan memiliki buku-buku resep makanan vegan yang bervariasi sehingga pola makannya nanti tidak akan membosankan. Kebosanan bisa berakibat kembalinya si pelaku gaya hidup vegan menjadi seperti semula yang non-vegan.

 

“Anda juga bisa mengikuti berbagai seminar tentang pola makan vegan dan acara gathering sesama penganut pola makan vegan. Asalkan ada tekad, niat dan doa, semua pasti bisa belajar menjadi vegetarian,” komentar Satya.

 

Alangkah baiknya jika pengenalan pola hidup pantang makanan dan produk turunan hewani ini dilakukan sejak dini. “Kami sudah bervegetarian sejak bayi, kami makan sayur-sayuran saja dan tidak makan daging karena kasihan binatang harus dibunuh,” ujar seorang anak yang ditanya mengenai cara memperkenalkan gaya hidup vegan pada anak seusianya. (*Daai TV)

 

Image credit:

healthycollegeliving.wordpress.com

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in health and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.