3 Pose Yoga untuk Komunikasi dan Public Speaking yang Lebih Baik

Shoulder stand

Anda tahu gong? Alat musik satu ini harus dibunyikan dengan memukulnya sekuat tenaga. Itulah orang-orang yang berkepribadian pendiam, jika bisa diibaratkan. Tak akan berbicara, jika tidak diajak berbicara sekuat tenaga.

Berkomunikasi dengan efektif mungkin adalah salah satu ketrampilan paling penting yang harus dimiliki oleh manusia. Fungsinya dalam bertahan hidup juga sama pentingnya dengan makan dan minum. Manusia yang tidak bisa berkomunikasi sama sekali berarti mati!

Nah agar ketrampilan berkomunikasi makin ciamik, yuk kita praktikkan 3 pose yoga berikut ini yang fungsinya untuk membantu membukan dan menstimulasi chakra tenggorokan, inti energi komunikasi dalam badan manusia. Dengan chakra yang terjaga dan hidup, seseorang akan lebih sedikit memiliki risiko dalam berbicara dan berkomunikasi.

Shoulder Stand

Pose terbail atau inversi ini mempengaruhi chakra tenggorokan dengan membilas pembuluh darah di telinga, leher, dan tenggorokan. Untuk bisa berkomunikasi secara lebih lengkap, seseorang juga perlu memiliki ketrampilan mendengar yang baik. Jika chakra telinga  tersumbat, bisa jadi kita hanya menderita “tuli selektif’, yakni hanya mau mendengar apa yang mau kita dengar.

Pose ini bagus untuk membangkitkan aliran energi melalui organ-organ komunikasi di kepala dan leher. Jika inversi bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda sekarang, cobalah untuk mempraktikkannya dengan pose jembatan dulu. Bridge pose juga bersifat inversi.

Pose ikan

Setelah menghabiskan 5-15 kali siklus napas (tarik dan keluar) dalam shoulder stand atau pose jembatan, cobalah pose ikan. Pose ini bekerja dengan memeras energi yang tersumbat dalam chakra tenggorokan Anda. Apakah Anda pernah merasakan semacam gumpalan dalam tenggorokan saat Anda ingin menahan tangis tetapi tidak bisa leluasa dan merasa tercekat dalam tenggorokan dan tak bisa bernapas bebas? Inilah akibat terjebaknya energi dalam chakra tenggorokan Anda. Praktikan pose ini untuk melancarkan energi yang tersumbat tersebut. Tahan pose itu selama 5-15 kali napas masuk dan keluar. Ini video yang menerangkan cara melakukannya: fish pose.

Pose singa

Kini setelah melancarkan energi tenggorokan, dan mengembalikan keseimbangan energi dalam chakra tenggorokan , saatnya sekarang untuk mendengarkan raungan Anda. Praktikkan pose singa ini dengan duduk bersila kemudian menaruh kedua telapak tangan pada lantai dan menghirup napas dalam-dalam untuk kemudian menghembuskan napas kembali keluar sambil menirukan suara singa mengaum. Bukalah mulut dan rahang selebar mungkin yang Anda bisa. Julurkan lidah sepanjang mungkin!Hembuskan udara yang keluar lewat rongga mulut yang terbuka lebar itu.Usahakan jangan menahan apapun. Lepaskan udara melalui rahang yang terbuka lebar layaknya sedang mengeluarkan sumbatan emosi negatif dari dalam diri Anda.

(Image credit: katsaksyoga.com)

 

2 Comments

Filed under health, yoga

2 responses to “3 Pose Yoga untuk Komunikasi dan Public Speaking yang Lebih Baik

  1. aku gak pede kalau shoulder stand sendirian, harus ditemenin tembok atau kursi ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s