Bagaimana Membaca Kata “LinkedIn” dengan Benar

Suatu saat saya pernah berada dalam sebuah ruangan yang di dalamnya ada beberapa pakar dan praktisi. Seorang pemilik usaha teknologi informasi yang usianya sudah senior dan tampak berpengalaman berbicara mengemukakan pendapatnya. Kami menyimak. Dan tiba-tiba dia menyebutkan sebuah kata yang aneh. “Lingkedin,” begitu katanya. Swear saya tidak mengada-ada. Sejurus kemudian saya baru sadar ia melafalkan nama jejaring sosial LinkedIn. Oh my…
Ok lah masih bisa dimaklumi dalam kondisi pendengar atau lawan bicara adalah orang Indonesia. Tetapi bagaimana jika ia harus menghadapi orang asing? Salah paham bisa terjadi.
Perbaikan perlafalan bukan semata-mata memberikan kesan prestisius atau profesional melalui aksen berbicara tetapi juga supaya pesan kita tidak salah dimengerti.
Lalu bagaimana seharusnya membaca LinkedIn? Bacalah seperti ini: /lingktin/. Di sini saya tidak bisa menggunakan International Phonetic Alphabets yang sudah baku tapi kira-kira begitulah jika diucapkan. Jadi bukan /lingkedin/ ya…
Alasannya? Jika Anda pernah belajar ilmu fonetik, ada dua jenis konsonan: yang membuat pita suara bergetar (voiced) dan tidak bergetar (unvoiced). Nah, konsonan /k/ termasuk bunyi konsonan yang tidak bergetar sehingga harus dilafalkan lebih ringan dari rekannya /g/. Keduanya mirip dalam perlafalan. Karena kata kerja “link” dibaca /lingk/ dan diakhiri konsonan /k/ maka konsonan berikutnya juga harus dibaca ringan,tanpa getaran. Dan jangan sampai huruf ‘e’ ikut diucapkan! Ucapkan seolah menjadi 1 kata. LinkedIn..LINGKTIN!!!

Leave a comment

Filed under social media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s