Konsumen China: Kaya Raya Tapi Hemat

Menurut sumber “China’s New Pragmatic Consumers”, para konsumen di China memiliki karakteristik yang cukup unik dibandingkan Indonesia. 

Di China, meski tingkat kesejahteraannya sudah makin membaik berkat entrepreneurship dan dibukanya keran perdagangan pasar bebas di negeri yang masih menganut paham komunis untuk urusan tata negara dan politik itu, masyarakat China tidak serta merta menjadi lebih boros seperti, misalnya masyarakat Indonesia yang dikenal sangat konsumtif.

Pendapatan per kapita China yang makin tinggi justru membuat konsumen China suka menggabungkan  selera. Mereka lebih menyukai produk dalam jumlah lebih banyak dan berkualitas lebih baik dan sempurna namun dengan tidak melupakan unsur hemat!  

Buktinya dalam sebuah survei terbaru yang dilaksanakan McKinsey, 3/4 rumah tangga di daerah perkotaan China mengatakan mereka telah melupakan setidaknya satu produk yang biasa mereka beli karena dianggap lebih boros. Namun demikian, pada saat yang sama 50% dari responden survei mengakui adanya pertambahan pengeluaran yang seimbang dalam satu kategori produk saat mereka menghemat di kategori lainnya. 

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s