Pengalaman Membuat Kartu Kredit Mandiri (4-Tamat)

Setelah saya menerima pemberitahuan melalui pesan pendek (SMS) dari MandiriCard tanggal 20 Februari 2013 yang lalu, akhirnya saya pun harus mengaktifkan kartu kredit yang sudah saya terima. Tidak banyak pagu kreditnya karena saya mengajukan kartu kredit jenis Silver dengan masa berlaku 5 tahun sejak dikeluarkan, yang paling basic fiturnya. Saya tidak mau gegabah langsung mengajukan jenis yang lebih ‘advanced’ pasalnya saya belum tahu benar aturan mainnya dan apa yang harus dilakukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (semoga tidak pernah menimpa saya).

Entah mengapa saat mengirimkan SMS aktivasi kartu ke 3355, di SMS balasan dinyatakan transaksi saya ditolak, padahal jelas saya mengetikkan sesuai dengan apa yang sudah diinstruksikan di surat lembar pemberitahuan yang terkirim ke alamat saya.

Tertera di sana:

Segera akhtifkan kartu Anda dengan salah satu cara berikut:

1. SMS ke 3355 ketik: ACT[spasi]CC[spasi]16digit nomor kartu kredit[spasi]4 digit kode aktivasi

*Nah, masalahnya saya tidak tahu yang dimaksud kode aktivasi itu yang mana, karena di semua keterangan yang disertakan tidak tercantum kata seperti itu.

2. Mesin mandiri ATM

*Ada satu di dekat tempat kerja saya, tetapi rasanya terlalu malas untuk ke sana.

3. IVR (Interactive Voice recording)

*Saya sama sekali tidak tahu apa ini.

4. Mandiri call 14000 atau (021)5299-7777(24 am)

*Opsi inilah yang paling masuk akal dan paling praktis. Akhirnya saya pun telepon ke 14000. Seorang Customer Service staf menangani panggilan saya dengan ramah. Saya katakan saya ingin mengaktifkan CC, ia berkata ini bukan saluran yang dimaksud, kemudian dengan berbaik hati ia mentransfer panggilan saya, saya menunggu sejenak dan tersambung dengan seorang CS yang khusus menangani CC. Ia meminta keluhan saya, dan mencocokkan data diri dengan menanyakan beberapa detil pribadi dan detil di CC yang sudah dikirimkan ke tangan saya. Saya jawab semuanya dan ia mengatakan akan segera mengaktifkan. Saya disuruh menunggu beberapa saat. Dan ia kembali menjawab bahwa beberapa jam dari saat itu, kartu kredit Mandiri saya sudah bisa digunakan bertransaksi. Saat itu sekitar jam makan siang di hari Kamis.

Karena saya memiliki kartu kredit dengan tujuan untuk mengaktifkan kembali rekening PayPal saya yang terblokir, akhirnya di sore hari (sekitar pukul 5 sore) saya mencoba menggunakan CC baru ini untuk membuka akun PayPal yang meminta nomor CC. Dulu saya menggunakan virtual CC yang saya beli dari seseorang tapi kini saya sudah lupa nomor CC-nya.

Malamnya sekitar pukul 9 malam, saya mencoba kirim SMS aktivasi lagi. Gagal juga. Akhirnya menelepon lagi ke 14000. Seorang CS laki-laki melakukan prosedur yang sama, dan ia menanyakan apakah saya sudah pernah menggunakan CC ini untuk transaksi apapun. Saya jawab tidak, karena memang saya tidak menggunakannya untuk membeli apapun. Tapi menurut catatan si CS, saya sudah melakukan suatu transaksi di PayPal dan dipungut 1 dollar. Ah, jadi untuk penghubungan akun PayPal dengan CC Mandiri dipungut 1 dollar. Baru tahu saya. Saya pun mengiyakan. Untung saja cuma 1 dollar. Tapi baru saja saya cek PayPal, akun PayPal belum terhubung dengan CC Mandiri. Kenapa bisa begini? Saya putuskan hubungi pihak PayPal dulu sebelum menghubungkan CC ke akun PayPal lagi, bisa-bisa saya harus bayar 1 dollar lagi.  Dan untuk itu, saya sudah kirimkan pengaduan ke PayPal. Semoga saja bisa diatasi.

 

 

16 Comments

Filed under writing

16 responses to “Pengalaman Membuat Kartu Kredit Mandiri (4-Tamat)

  1. agus

    Kenpa sya bru mempunyai kartu kerdit susah bget utk mengativitasi dn sya sdh mengikuti prosedur ttpi sya di bls transaksi anda di tolak

    • Halo mas agus..
      Telepon saja ke 14000 langsung mas. Punya saya juga gitu! Saya tdk bs temukan kode aktivasinya. Eh baru beberapa hari kemudian kode itu dikirim via sms. Pdhl sudah sy aktifkan via 14000.

  2. Amin

    Sore Mas Akhlis..
    Saya sudah semingguan buka akun Paypal tp masih bingung untuk verifikasinya, apa pake VCC atau buat CC (kebetulan buka rek juga di Mandiri). Mohon pencerahan mas..trim’s.

  3. arjuna

    Siang Gan…
    klu aktivasi lewat ATM bagaimana caranya? Kebetulan rumah dekat ATM mandiri. Trimaksih sebelumnya…

  4. numpang share pengalaman gan.
    Jika sudah menghubungi cs dan minta diaktifkan, kartu langsung aktif dan tidak perlu aktivasi lagi.
    paypal melakukan charge $1 ~ $2 untuk verifikasi kepemilikan kartu dengan mencantumkan 4 digit kode yang akan tercetak dalam lembar tagihan. kode ini nantinya dimasukkan ke paypal untuk verifikasi / menghubungkan paypal dengan cc

  5. Pengalaman ane sama gan, setiap kali sms g pernah berhasil. Akhirnya musti ngub customer service. cz kalau via CS kan dtanyai dulu nm lngkap, alamt rmh, kntr, srt mnyrt, nm ibu juga. Lha klu lwt sms pan kgak bisa gan.
    Ni ane share caranya ngajuin permohonan penambahan limit kartu kredit mandiri lewat email gan:
    goo.gl/vfCxO

  6. sama kasusnya dng saya mas.
    klo dipikir nyesel dulu verivikasi pakai vcc

  7. roni

    kasusnya sama juga dengan saya mas…. activasinya susah lewat sms…

  8. Mas, udah ada lanjutannya ndak? Terus gimana paypalnya udah tercerivikasi ulang.?

    Saya juga berencana mau buka kartu kredit mandiri yang gunanya juga untuk keperntingan verfikasi paypal saya telah diblokir. Padahal paypal dulu sudah memverifikasi akun saya cukup dengan rekening mandiri.

    Kalau ada lanjutannya. mohon dishare lagi ya mas. saya tunggu

    • Verifikasi Paypal sukses, mas. Silakan dicoba. Saya tidak ada masalah sampai sekarang dengan cc Mandiri.

      • Lantas, apa selama penggunanya tidak menggeseknya guna melakukan transaksi, kita tidak akan kena beban Abonemen? apa kalau tidak dipake malah hangus keblokir?
        Saya memang ingin mengurus, tapi kalao bisa tidak ada pengaruhnya bila kartu kredit tersebut tidak dipergunakan

        Saya sebenarnya masih ragu-ragu. enaknya gimana ya.? mau ngurus, takutnya kenapa-kenapa. Sementara kalau gak ngurus, kasihan akun paypalnya saya anggurin. Gimana menurut mas akhlis?

        Untuk Verifikasi paypal menggunakan CC mandiri-nya udah terhitung permanen ya mas, apa ada biaya tambahan pertahunnya?

  9. John Mark

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? jika ya hubungi kami di alamat ini johnmarkloanhelpservice@gmail.com email untuk asistance.

    Salam

    John Mark

  10. wandy

    saya punya kartu kredi belum di aktifasi kok ada tagiha?

  11. francisc8898

    saya baru terima kartu kredit mandiri saya, selama ini malah tidak ada masalah tuh, saya sms ke 3355 juga langsung di terima dan sukses, kemudian proses juga cepat, cuma butuh 2 minggu setelah pengajuan lgsung di terima dan kartu dikirim. saran dari saya punya lah koneksi orang dalam bank mandiri cabang anda membuka kartu kredit mandiri anda, maka proses tak akan berbelit seperti yang anda alami.

  12. kok bisa tamat juragan🙂
    terima kasih sudah sharing dengan kita juragan

  13. Pingback: 2014, The Most Unbelievably Stunning Year… Bloggingwise | Akhlis' Blog

Leave a Reply

