Pentingnya Kesabaran dalam Berlatih Pranayama

Dalam sebuah kelas pranayama, seorang teman pernah menanyakan bagaimana ia bisa mengetahui bahwa ia sudah melakukan pranayama dengan benar. Ia dengan blak-blakan mengatakan kebingungannya, “Apa yang bisa saya rasakan untuk mengetahui benar tidaknya saya melakukan teknik pernafasan yang diajarkan ini?”

Ia tidak sendirian. Sebagian besar teman saya, bahkan saya sendiri, juga merasakan kebingungan itu. Tetapi saya berusaha menyikapi kebingungan itu dengan lebih menghayati apa yang terjadi dalam diri saya. Karena dengan mencecar orang lain meski yang sudah berpengalaman dalam pranayama seumur hidupnya sekalipun, saya yakin tidak bisa menjawab dengan tuntas. Rasa penasaran itu akan terus lapar, memburu jawaban. Padahal jawaban itu bisa ditemukan dalam diri sendiri.

Mengapa? Sederhana saja, karena proses-proses dalam tubuh dan pikiran yang terjadi selama berlatih pranayama adalah sesuatu yang begitu pribadi, halus, subtle. Kalimat dan kata yang dipilih dengan paling cermat sekalipun oleh seorang ahli bahasa tidak bisa menggambarkan secara akurat tentang semua proses dan hasil yang dirasakan. Hanya kita sendiri yang bisa mengetahuinya dengan pasti. Jadi menurut saya, saat saya berlatih pranayama, keinginan untuk mengetahui betul tidaknya proses itu perlu sedikit dikendalikan. Berlatih pranayama lain dari latihan asana yang dapat diketahui bentuk fisiknya. Yang lebih penting ialah merasakannya terlebih dahulu. If you feel better, you do it right, and vice versa.

 

Namaste…

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

