Apa Itu Anuloma Biloma Pranayama?

Sebagai orang yang baru mengenal yoga, saya belum pernah mendengar istilah “anuloma biloma pranayama“, bahkan jika saya sudah mendengar pun saya masih belum memahami penerapannya dalam praktik yoga sehari-hari.

Menurut Mark Stephens dalam bukunya “Teaching Yoga”, “anuloma” artinya dengan butiran; mengacu pada gerakan atau pernafasan. Sementara “biloma” yakni berlawanan dengan rambut, berlawanan dengan urutan. Jika digabungkan kedua kata ini juga bisa diartikan sebagai “alternate breathing”, yakni bernafas melalui 2  lubang hidung secara bergantian. Gunanya untuk menyeimbangkan sistem tubuh kita (Asmarani: 9, 2011). Sebagian menyebut anuloma viloma (biloma) pranayama sebagai “nadi shodana”. Nadi maknanya saluran energi dalam badan manusia, sehingga bisa diartikan nadi shodana  bermanfaat untuk membersihkan nadi-nadi dalam badan agar lebih bersih, seperti dikutip dari  buku “Hatha Yoga Pradipika” dan “Shiva Samhita” melalui Devi Asmarani. Menurut Muktibodhananda (166: 1993) melalui Mark Stephens (258: 2010), Praktik pernafasan berganti lubang hidung dikatakan dapat mengaktifkan dan menyeimbangkan ida dan nadi pingala dan menyelaraskan bagian-bagian otak kita.

Kita dapat mengajarkan teknik anuloma viloma pranayama sebagai berikut:

– Duduk dengan tenang dan tegak dan lakukan pernafasan ujayyi selama beberapa menit.

– Lipat jari telunjuk dan tengah sementara 3 jari lain tetap terbuka. Hasilnya tangan kita terlihat seperti capit/ ketam. Gunakan ujung ibu jari dan jari manis ke kedua sisi hidung untuk membuka dan menutup aliran nafas nantinya. Letakkan jari-jari dengan tekanan yang merata pada kedua sisi hidung untuk mempertahankan sentuhan tanpa menutup total kedua lubang hidung.

– Sembari melanjutkan pernafasan ujayyi, variasikan tekanan pada jari-jari. Rasakan sensitivitas yang lebih tinggi pada efek penyesuaian jari jemari yang lebih cermat. Rasakan bahwa dengan perbedaan penekanan yang sedikit saja, perbedaannya terasa pada pernafasan.

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s