Ingin Tetap Berjiwa Muda? Perhatikan Tulang Belakang Anda

Guru yoga saya pernah mengatakan percuma saja berusia 17 tahun tetapi memiliki tulang punggung seperti orang berusia 71 tahun. Dan beruntunglah mereka yang berusia 71 tahun tetapi mampu mempertahankan tulang belakangnya sehingga masih sebaik mereka yang berusia 17 tahun. Menurutnya, kunci awet muda ada di tulang belakang yang sehat.

Apa yang ia kemukakan itu disokong oleh pernyataan B. K. S. Iyengar yang mengatakan memang ada relevansi erat antara kekuatan punggung dan tulang belakang seseorang dan penampilan dan jiwa yang terus segar bak remaja. Iyengar menjelaskan pentingnya kesehatan punggung dan tulang belakang ini saat ia menjelaskan pose Navasana yang fungsinya menguatkan otot-otot punggung dan perut dan memijat organ di dalamnya.

Dalam penjelasan dua variasi pose kapal (Navasana), Iyengar menjelaskan:

Efek Ardha Navasana dan efek Paripurna Navasana (Gambar 78) berbeda karena posisi kedua kaki. Dalam Paripurna Navasana, fokus latihan diarahkan pada usus; sementara Ardha Navasana bekerja pada liver, kandung kemih dan limfa.

Awalnya, punggung akan terasa lemah untuk menahan tekanan dalam pose ini. Saat kekuatan untuk mempertahankan pose ini didapatkan, ia akan menunjukkan bahwa punggung menguat. Punggung yang lemah merupakan kelemahan dalam banyak aspek, terutama bagi para perempuan karena mereka membutuhkan punggung yang kuat untuk merawat anak-anaknya. Kedua asana yang disertai dengan pemutaran lateral tulang belakang akan membantu menguatkan punggung.

Pentingnya memiliki punggung bawah yang sehat dan kuat dapat kita sadari saat menyaksikan  para manula yang duduk, bangkit berdiri dan berjalan, secara sadar atau tidak sadar mereka menopang tulang belakang mereka dengan  kedua tangannya. Ini menunjukkan bahwa punggungnya melemah dan tidak bisa menahan tekanan. Sepanjang tulang belakang kuat dan tidak membutuhkan sokongan, seseorang akan merasa muda meskipun sudah berusia lanjut. Kedua asana ini menyegarkan dan menguatkan punggung dan membuat kita menjalani penuaan dengan lebih baik dan nyaman.

Jadi kalau Anda merasa sudah uzur dan cepat lelah serta kehilangan vitalitas dan semangat hidup, bisa jadi itu akibat tulang belakang yang makin lemah dan otot punggung yang tidak terjaga kekuatannya. Lakukan pose kapal secara rutin untuk mencegahnya!

Hatha Yoga Class Boat pose - Navasana

Hatha Yoga Class Boat pose – Navasana (Photo credit: myyogaonline)

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s