Mengasah Empati dengan Yoga

image

Di hari kedua modul 2 saya ditugasi guru saya di Indonesia Yoga School untuk mengajarkan Urdhva Mayurasana. Saya sendiri tak begitu familiar dengan nama Sanskrit tersebut tapi begitu guru saya menunjuk foto saya di atas yang saya unggah di Facebook, saya pun langsung paham. Itulah kelemahan saya, bisa melakukan tapi tak tahu nama asananya dan tak tahu cara mengajarkannya dengan baik. “Just do it!”, itulah semboyan saya saat berlatih.
Saya pun harus memutar otak untuk menjelaskan apa yang saya lakukan di depan orang lain, membuat mereka paham dan bersedia melakukan dan mencoba, karena pose inversi ini begitu menantang.
Saat mengajarkan sungguh tak semudah melakukannya sendiri. Saya yang terbiasa “just do it”, bereksperimen sendiri dengan tubuh saya, kini harus mengajak orang melakukan hal yang sama dan membuat mereka mau mencoba tanpa harus mencederai mereka ( yang juga menjadi pelanggaran prinsip ahimsa atau penghindaran kekerasan terhadap semua makhluk dan alam termasuk diri sendiri).
Untuk itulah saya harus memberikan opsi-opsi. Istilah “opsi” lebih indiskriminatif daripada “level”. Dari opsi sukha, ardha yang maknanya mudah hingga paripurna yang lebih berisiko.  Level seolah mengkotak-kotakkan manusia dari tingkat rendah ke tinggi dan terdengar lebih mengintimidasi.
Akhirnya saya pun harus mengeluarkan empati saya di kelas karena saya pikir itulah yang secara naluriah harus saya lakukan untuk tetap mendorong semangat semua orang dalam kelas. Berempati bukan hal yang mudah saat kondisi kita jauh berbeda dari kondisi orang lain. Saya harus memahami dan mengakomodasi semua keinginan dan kebutuhan murid.
Dan satu hal yang saya pegang adalah bahwa semua itu benar bergantung kondisi masing-masing pihak.

Posted from WordPress for Android

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

