Menyoal Back Pain

Punggung bawah sakit? Mungkin cara nafas kita perlu diperbaiki. Saat punggung bawah mengalami sensasi nyeri atau kurang nyaman, menurut Leslie ada kemungkinan itu karena imbas cara nafas yang kurang sesuai dengan kerja tubuh. Mengapa bisa? Karena semua itu saling terhubung.

Satu hal lagi yang menurut Leslie membedakan yoga dari anatomi ialah bahwa yoga bekerja dalam tataran emosi, pernafasan, bukannya struktur yang bersifat lebih fisik. Banyak studi yang mengatakan cakram dislokasi bukan satu-satunya penyebab rasa sakit di punggung bawah kita. Menekan kondisi emosional juga berakibat pada kesehatan tulang punggung bagian bawah.

Dan yang patut diketahui tidak semua back pain dipicu oleh kelainan tulang belakang, kata Leslie. “Correlation is not causation,” tegasnya di hadapan kami. Korelasi memang bukan berarti ada hubungan sebab akibat. Sayangnya, banyak yang belum memahami tentang hal ini karena kesimpangsiuran informasi yang beredar dan sebagian lagi karena memang bervariasinya kondisi yang melingkupi setiap orang yang menderita keluhan back pain.

Dalam kesempatan itu, saya menanyakan pada Leslie juga: Apakah dengan mengubah cara kita bernafas akan memberikan efek terapetik yang berbeda? Tentu saja, ujarnya.

Yoga creates coordination between diaphragm and abdomen,” katanya. Salah koordinasi bisa membuat belajar yoga menjadi lebih sukar.

Different opening, different effects you’ve got. Tentu saja demikian. No brainer.

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s