Kabupaten Bandung (RI) dan Go Seong (Korsel) Jadi “Sister Cities”

Korean Wave tidak cuma menerpa dunia entertainment kita. Bahkan sektor pemerintahan dan birokrasi juga terkena lho!
Walaupun sudah banyak yang tahu bahwa sebagian masyarakat Indonesia menyukai impor budaya dari Korsel yang masif selama ini, belum banyak yang tahu pemerintah kabupaten Bandung di Jabar dan Go Seong di Korsel menjalin kerjasama menjadi kota persahabatan atau sister cities. Belum diketahui juga mengapa kata “sister”, bukan “brother”. Atau seharusnya memakai kata “nuna/onni”? Whatever.
Seperti saya kutip dari surat kabar untuk masyarakat Korea yang tersaji dalam formal bilingual terbitan Indonesia haninpost.com, kini telah didirikan sebuah tugu Taegeuki di pertigaan jalan di pusat kota Bandung. Untuk yang belum tahu, “taegeukgi” adalah sebutan bendera nasional Korsel. Seperti “merah putih” untuk bendera kita.
Tugu tersebut didirikan atas prakarsa lembaga nonpemerintah Korsel IKOP dalam rangka menandai kerjasama dua wilayah di dua negara berbeda. Kabupaten Go Seong ini terletak di provinsi Gang Won, Korsel.
Masih menurut Hanin.com, kerjasama sister cities ini ditandai dengan pemberian bantuan yang diwakili Direktur IKOP Kim Sang-tae. Bantuan berupa alat pertanian yaitu mesin pemanen padi untuk pemerintah kabupaten Bandung yang bisa digunakan warga setempat.

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s