Lebih dari 2 Juta Password Akun Facebook, Google dan Yahoo Terekspos

Image representing Yahoo! as depicted in Crunc...

Image via CrunchBase

Lebih dari 2 juta kata kunci yang digunakan untuk mengamankan akun berbagai layanan online seperti Facebook, Google dan Yahoo telah diekspos ke Internet begitu saja. Insiden ini menambah merosot tingkat kepercayaan pengguna terhadap keamanan berbagai layanan web saat ini. Akan tetapi itu bukan berarti akan ada jutaan orang yang berhenti menggunakan atau menutup akun-akun online mereka.
Rincian kata kunci dan nama pengguna diduga telah diunggah oleh kelompok kriminal, ujar para pakar keamanan web yang dikutip oleh laman bbc.co.uk.
Dicurigai bahwa data tersebut diambil dari berbagai komputer yang sudah terinfeksi dengan software jahat (malware) yang mencatat gerakan jari di keyboard komputer. Inilah salah satu alasan mengapa memutakhirkan program antivirus begitu penting, dan mengapa menggunakan sistem operasi bajakan menjadi celah kejahatan cyber (karena sistem operasi bajakan tak bisa diperbarui sesuai perkembangan keamanan cyber yang terus berkembang setiap detik).
Belum diketahui usia data yang berhasil dicuri ini tetapi para pakar memperingatkan bahwa bahkan data yang sudah usang bisa memunculkan risiko.
Menurut peneliti keamanan web Graham Cluley, pihaknya belum mengetahui jumlah password yang masih berlaku tetapi telah diketahui bahwa 30-40% orang menggunakan kata kunci yang sama untuk sejumlah website berbeda. Apakah Anda dan saya termasuk di dalam kelompok ini? Saatnya mengubah variasi kata kunci akun-akun kita atau risiko ini akan makin tinggi mengintai keamanan komunikasi virtual kita.

Leave a comment

Filed under technology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s