Mengenal Yama

yoga

Delapan tangga yoga juga dikenal dengan Ashtanga Yoga (Photo credit: GO INTERACTIVE WELLNESS)

 

Sebagai pegiat yoga, mungkin kita sering mendengar istilah delapan tangga Yoga sering kita dengar. Yang pertama ialah yama (disiplin etika) – perintah agung yang melampaui sumpah, negara, usia dan waktu. Perintah-perintah ini yaitu ahimsa (penghindaran kekerasan), satya (kejujuran), asteya (tekad untuk tidak melakukan pencurian), brahmacharya (penahanan diri) dan aparigraha (penghindaran rasa rakus). Semua perintah ini merupakan aturan moralitas untuk masyarakat dan individu yang jika dilanggar  akan menimbulkan kekacauan, kekerasan, ketidakjujuran, pencurian, kemunduran, kerakusan. Akar semua kejahatan ini ialah perasaan rakus, hawa nafsu dan ketergantungan yang bisa jadi rendah, sedang hingga berlebihan. Semua ini hanya membawa penderitaan dan kebodohan. Patanjali membidik langsung ke akar masalah dengan mengubah arah pemikiran seseorang melalui 5 prinsip yama.

Dalam berlatih yoga, kita sering abai dengan prinsip-prinsip ini karena lebih terfokus pada asana. Kita lebih berambisi ingin menjadi lebih lentur, lebih kuat, lebih ramping, intinya ingin lebih atraktif secara fisik. Hampir tidak ada yang peduli atau berkeinginan untuk lebih etis, berdisiplin dalam menjalani hidup sesuai nilai-nilai kebajikan universal yang terkandung dalam delapan tangga Yoga.

Sebenarnya tidak ada inti ajaran di dalam delapan tangga Yoga yang bertentangan dengan ajaran agama kita, terutama Islam dalam kasus saya karena saya muslim. Semua memiliki keselarasan dengan ajaran agama yang saya anut.

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s