Trik Blogging via BlackBerry Tanpa Install Aplikasi WordPress

blackberry

blackberry (Photo credit: arrayexception)

BlackBerry, ponsel ‘relatif pintar’ yang kerap menjadi bulan-bulanan pengguna smartphone lain ternyata bisa membuat blogger jadi lebih produktif. Alasannya tentu adalah tombol qwerty-nya yang masih terlalu nyaman untuk digadaikan dengan layar sentuh.

Jika Anda suka blogging di platform WordPress (baik wordpress.com yang gratis dan praktis atau wordpress.org yang juga gratis tetapi memerlukan lebih banyak pengetahuan teknis saat instalasi dan pemeliharaan) dan memiliki sebuah ponsel BlackBerry, jangan sia-siakan BlackBerry hanya untuk bertukar pesan di BlackBerry Messenger saja. Dan jika Anda termasuk orang yang seperti saya (tidak terlalu suka ribet dengan upgrade sistem operasi BlackBerry yang justru kadang membuatnya bermasalah), tak perlu menginstal aplikasi WordPress di BlackBerry Anda. Setahu saya makin minim aplikasi, makin minim risiko ngadat. Dan saya juga tidak mengupgrade sistem operasi setelah tahu risiko yang harus dibayar jika upgrade tidak berakhir mulus dan berbagai gangguan menjengkelkan lainnya.

Akan tetapi ada satu fitur sederhana yang terlupakan banyak blogger WordPress. Fitur itu adalah “post by email”, yaitu mengunggah tulisan cukup melalui email. Dan karena BlackBerry memiliki email sebagai fungsi dasarnya, tentu kita bisa menggunakannya jika kondisi tidak memungkinkan untuk membuka laptop di tengah jalan atau diburu waktu atau sekadar ingin menulis di blog kesayangan tetapi tak ada koneksi internet yang stabil di musim hujan seperti sekarang.

Your BlackBerry is your savior, bloggers!

Simak saja prosedur berikut untuk mengaktifkan fitur simpel “post by email” ini di akun WordPress.com Anda (jadi ini BUKAN untuk akun blog yang menggunakan software blogging WordPress.org dengan hosting sendiri. Saya belum tahu ada kemiripan atau tidak dengan prosedur aktivasi fitur tersebut di sana).

Langkah 1: login ke wordpress.com dan masuk ke dasbor, temukan tab “Setting” dan klik

Langkah 2: temukan tab “Writing” dan klik

Langkah 3: temukan tab “post by email” dan klik

Langkah 4: akan ditemukan kalimat
“You can publish posts using emails with the post by email feature. To enable this visit your My Blogs page and create a secret address” (Anda bisa mengunggah artikel via email dengan fitur ini. Untuk mengaktifkannya, kunjungi laman web ‘My Blogs’ dan buat alamat email rahasia). Jadi logikanya, kita harus membuat alamat email rahasia yang kita bisa jadikan perantara dan hanya kita yang bisa mengetahuinya agar akses unggahan ke blog kita tidak dimiliki sembarang orang. Alamat email ini dihasilkan secara acak dan agak sukar diprediksi karena memang hakikatnya agar tidak mudah ditemukan orang yang tidak berhak mendapat akses.

Langkah 5: temukan nama blog (jika blog Anda di 1 akun wordpress ada lebih dari satu), dan klik.

Langkah 6: aktifkan fitur “post by email” dengan 1 klik kiri, dan muncul nama email rahasia, catat (saran saya buat entri tersendiri di kontak BlackBerry, misalnya “my blog”). Jika tidak suka dengan alamat email rahasia pemberian WordPress itu, klik “regenerate” sampai menemukan yang lebih cocok.

Langkah 7: cobalah mengetik satu tulisan di email pada BlackBerry, jika ada gambar dan video yang mau ditayangkan bersama tulisan, lampirkan saja seperti attachment file biasa. Tentu harus sadar dengan kemampuan perangkat, artinya jika Blackberry hanya bisa 2G, jangan dipaksa mengunggah video yang ukurannya besar sekali. Alamatkan tulisan ke email rahasia yang sudah dicatat tadi sebagai, misalnya, “my blog” di daftar kontak Anda.

Sebenarnya ada lagi cara untuk mengelompokkan artikel yang diunggah berdasar kategori dan memberikan tags pada artikel, tetapi caranya agak rumit dan tidaklah sekrusial esensi dari tulisan/ konten Anda. Kategori dan tag bisa dilakukan setelah menemukan PC atau laptop atau sambungan Internet yang lebih stabil.

Untuk Anda yang ingin blogging lebih dinamis via BlackBerry, ini adalah salah satu solusi. Selamat mencoba!

2 Comments

Filed under technology

2 responses to “Trik Blogging via BlackBerry Tanpa Install Aplikasi WordPress

  1. Relatif pintar, Nggak pintar ah, kelamaan jam pasirnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s