Apple ‘Bagikan’ iPhone Gratis di Facebook. Sayangnya Cuma Spam.

image

Melihat seorang teman di Facebook yang baru saja menyukai sebuah unggahan, saya pun langsung tergiur. Siapa tidak? Dalam unggahan itu dikatakan cukup klik untuk mengklaim sebuah iPhone gratis dari 60-an unit yang tersisa.

“Gila, beruntung sekali saya! Masih dapat! Horeee!!!” Ibu jari mulai beraksi tanpa berpikir lagi. Saya baca dan temukan tombol BELANJA SEKARANG. Dan tampillah laman di atas.

Lalu sejurus akal sehat mulai bekerja. “Looks fishy,” gumam saya. Saya ketikkan “apple giveaway scam” di mesin pencari dan… voila! Ini bukan pertama kali taktik keji seperti ini dipakai penipu. Beberapa tulisan mengenai hal serupa beredar di Internet.

Saya belum tahu apakah email saya akan menjadi sasaran scam setelah ini karena di laman itu dikatakan email konfirmasi akan dikirim.

UPDATE: Setelah memeriksa kotak masuk surel, ternyata memang ada surel dari laman scammer tadi.

Don't share!

Don’t share!

Leave a comment

Filed under miscellaneous

Leave a Reply

