Bukti Nyata Orang Gemuk Juga Bisa Lentur

Sudah kenyang rasanya saya mendengar komentar seperti:”Kamu enak ya, badannya kurus jadi lebih lentur, pelintar pelintir, jumpalitan ke sana kemari!”

Dan satu lagi, biasanya diucapkan oleh mereka yang diajak latihan yoga:”Ah aku kan gemuk gini, mana mungkin bisa fleksibel kayak kamu yang kurus?”

There’s always an exception…

Dan inilah pengecualian itu. Namanya Catur dan saya baru saja mengenalnya tadi pagi dalam kelas yoga yang diajar Deera Dewi.

Lihat saja fotonya dalam pose urdhva dhanurasana/ kayang/ wheel pose di bawah ini. Berat saya mungkin setengah berat badan Catur dan ia memiliki tingkat kelenturan tubuh yang luar biasa untuk orang dengan bentuk tubuh ‘berbobot’. Otot tubuh depannya tampak teregang maksimal (mungkin karena ia berlatih dengan rajin), dan bahu serta dada terbuka dan sangat lentur, dengan kedua kaki yang terjaga jarak kerapatannya. Anda bisa ketahui seseorang sudah melakukan kayang dengan benar atau belum dengan mengamati posisi bahu dan lengan yang lurus (tidak melengkung), dada terbuka maksimal, paha yang sejajar satu sama lain dan kokoh ke atas, dan 2 telapak kaki paralel selebar pinggul (tidak membuka terlalu lebar).

Dalam beberapa kasus, memang ada orang-orang yang tampaknya obesitas tetapi sebetulnya mereka bergaya hidup sehat dan aktif secara fisik. Mereka tampak berbobot karena tipe badan yang secara alami seperti itu dan tidak bisa lagi diubah dengan cara apapun. Namun, yang patut dihargai adalah konsistensi dan tekad yang tinggi untuk tetap berlatih dan bergaya hidup sehat meski lemak tidak kunjung luruh.

Masih ada alasan untuk tidak beryoga karena gemuk dan tidak fleksibel seperti rekan-rekan Anda yang langsing?

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s