Tentang Font Favorit

apple mac osFont atau jenis huruf apa yang paling saya sukai? Jawabannya bisa banyak, tetapi berikut ini adalah yang menurut saya paling sedap dipandang mata.

  1. Times New Roman: Inilah pilihan default di aplikasi pengolah kata Microsoft Word yang banyak kita pakai. Kesan yang ditimbulkan font ini adalah klasik, kaku, kuno, dan konvensional. Ditambah lagi dengan fakta bahwa Times New Roman dipilih untuk dipakai dalam penyusunan karya ilmiah dan tugas akademis membuatnya menjadi jauh lebih formal.
  2. Arial: Arial lebih saya sukai juga karena kesannya yang sederhana dan bersahaja. Tidak banyak lekuk atau lengkungan yang tidak perlu. Semua lurus, stabil, kokoh sehingga membacanya pun menjadi lebih nyaman. Dan mengetik dengan font Arial ukuran 12 lebih terasa nyaman di mata. Tetapi saya kadang suka menggunakan Arial ukuran 9 yang lebih kecil karena kesannya yang rapi. Saya suka yang kecil dan rapi. Font Arial dipakai di blog-blog yang dulu saya sering jadikan acuan saat masih pertama blogging tahun 2009, ada problogger.net milik Darren Rowse dan freelancewritinggigs.com kalau tidak salah ingatan saya. Impresi yang diberikan Arial sungguh sesuai untuk kalangan profesional yang sudah semestinya efektif dan efisien, yang menekankan pada tersampainya pesan, bukan yang kurang esensial.
  3. Myriad Pro: Setiap kali saya melihat sebuah screenshot atau hasil tangkapan layar komputer dengan menggunakan Myriad Pro di antarmukanya, saya yakin itu pasti komputer keluaran Apple atau PC yang terinstal Mac OS. Pun ponsel cerdas, yang sudah pasti iPhone. Fontnya mungil dan sederhana. Font ini bisa ditemui juga di situs Apple.com.
  4. Georgia: Font satu ini penuh lengkungan, relatif artistik tetapi juga tidak terlalu membuat mata berat saat membaca. Koran-koran banyak menggunakannya, seperti The Jakarta Post, The New York Times, bahkan blog kepunyaan AOL HuffingtonPost juga. Blog bertema teknologi dan entrepreneurship digital Pando.com termasuk blog yang menggunakan Georgia pula, hanya saja ukurannya lebih besar daripada situs-situs sebelumnya.
  5. Courier New: Font ini unik karena banyak dijumpai di layar berlatar belakang hitam. Warna fontnya biasanya hijau atau merah. Para peretas, programmer, mereka yang belajar koding umumnya menggunakan jenis font ini saat melakukan aktivitas di layar komputer. Kesan yang dimiliki font ini sangat kuno, persis seperti font yang dipakai di mesin-mesin ketik manual dimiliki ayah saya untuk mengetik dokumen. Di masa modern seperti sekarang, bisa jadi kita menemukannya di kantor atau instansi pemerintahan yang diawaki pegawai-pegawai sebaya ayah ibu saya yang menggunakan perangkat teknologi informasi seperti komputer dan ponsel sebagai kemewahan yang tidak perlu, dan meskipun perlu, mereka akan menyuruh pegawai-pegawai baru dari generasi lebih muda untuk mengurus semua ‘kerepotan’ teknologi itu.
  6. BB Alpha Sans: Font terakhir ini saya pilih dari BlackBerry. Bentuk dan tampilannya khas karena didesain oleh BlackBerry dan tidak bisa ditemui di perangkat lainnya. Tinggi font ini dibandingkan yang lain termasuk relatif rendah, sehingga terkesan padat, sesuai untuk memuat lebih banyak karakter di layar BlackBerry yang rata-rata sempit, tidak selebar perangkat Android.

Adakah font lain yang ‘lucu’ dan sering Anda gunakan saat mengetik selain yang sudah disebut di atas?

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

