6 Alasan Mengapa Hootsuite Aplikasi Terbaik untuk Berbagi di Jejaring Sosial

hootsuitePertama kali saya mengenal Hootsuite adalah saat saya harus mengelola akun jejaring sosial korporat. Sebelum bereksperimen dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan Hootsuite, saya pernah menggunakan aplikasi lainnya yang juga tidak kalah populer seperti Tweetdeck, Buffer, dan Seesmic. Saya menggunakan semuanya secara berdampingan untuk mencoba-coba kemudahan dan kenyamanannya. Sayangnya aplikasi Tweetdeck tersebut sudah diakuisisi oleh Twitter dan menurun tingkat kepuasan penggunanya. Saya juga merasakan hal yang sama. Dukungan untuk jejaring sosial selain Twitter seperti LinkedIn, Google Buzz, Foursquare, MySpace, dihilangkan di Desember 2011 dari aplikasi tersebut. Dan akhirnya saya memilih hanya menggunakan Hootsuite yang menggunakan konsep layanan freemium, yang artinya Anda masih bisa memakai layanannya meski tidak membayar sepeser pun tetapi harus membayar jika ingin menikmati fitur-fiturnya secara maksimal.

Ada beberapa alasan mengapa saya memilih Hootsuite dan menjadikannya ‘senjata andalan’ saat berada di jejaring sosial.

FITUR “SCHEDULING” (penjadwalan)
Seperti saya singgung sebelumnya, aplikasi yang sebelumnya saya pernah gunakan ada yang memiliki fitur penjadwalan publikasi tweet atau status di Facebook. Tetapi fitur penjadwalan di Hootsuite lebih mudah dipantau, baik di versi desktop PC dan di versi mobile application. Semua tersinkronisasi dengan mudah.

Dan menambah lengkap dan sempurna fitur penjadwalan yang sudah ada, Hootsuite beberapa waktu lalu juga memberikan fitur “autoscheduling”. Cara menggunakannya mudah saja. Ketik kata-kata yang akan dipublikasikan lalu muncullah tombol “autoscheduling” dan klik! Tweet itu akan disimpan untuk nantinya dipublikasikan oleh Hootsuite di waktu-waktu yang paling tepat, agar konten yang Anda sebarkan lebih optimal menjangkau pengikut atau fans. Itulah yang akan menjadi kunci bagi para administrator jejaring sosial agar tidak perlu duduk di depan laptop seharian penuh hanya untuk menunggu waktu yang tepat menyebarkan konten. Cukup serahkan pada Hootsuite, semua akan teratasi. Bahkan di hari libur dan akhir pekan, Hootsuite sangat membantu karena saya masih bisa menikmati waktu luang pribadi tetapi juga tidak mengabaikan tanggung jawab sebagai administrator yang harus berbagi 24 jam sehari 7 hari seminggu.

FITUR “PUBLISHER”
Dengan menggunakan fitur satu ini, Anda akan bisa memeriksa tweet atau konten yang dibagikan di setiap akun jejaring sosial setelah menjadwal. Ini sangat perlu karena Anda tentu tidak mau salah mempublikasikan kalimat di akun yang berbeda bukan? Jika salah, Anda masih bisa mengeditnya segera. Tampilannya sangat simpel, tidak membingungkan sekalipun jumlah akun yang Anda miliki cukup banyak. Untuk akun Hootsuite gratis, Anda maksimal bisa menghubungkan 5 akun jejaring sosial saja. Itu pun saya rasa sudah lebih dari cukup karena di Indonesia, hanya Facebook dan Twitter yang dapat dikatakan berpengaruh signifikan.

TAMPILAN SIMPEL
Sekali lagi, tampilan yang fungsional dan sederhana membuat semua pekerjaan yang terkait dengan berjejaring sosial menjadi lebih mudah. Satu dasbor, tinggal klik tabs yang ada dan Anda bisa beralih ke satu akun ke akun jejaring sosial yang lainnya dengan lincah. Jika Anda memiliki banyak akun, ini akan menghemat waktu karena tidak perlu masuk satu persatu ke semua akun yang dimiliki melalui peramban (browser), menyalin dan merekatkan (copy paste) semua kalimat yang akan dipublikasikan. Dengan Hootsuite, kita juga bisa melacak ‘mention’ yang secara langsung atau tidak langsung menyangkut brand atau akun kita. Jika kebetulan kita memiliki produk baru yang diluncurka, orang akan ramai-ramai menge-tweet tentang itu dan Anda bisa melacaknya dengan Hootsuite secara real time.

PERCAKAPAN (THREADED CONVERSATIONS)
Di ponsel atau kotak masuk surat elektronik, kita akan menemukan fitur ini pula. Dan memang dengan adanya fitur ini, memelihara konteks percakapan terutama di jejaring sosial Twitter akan sangat bermanfaat. Kenapa? Agar saat administrator jejaring sosial seperti saya merangkai kalimat yang tepat untuk menanggapi tweet seseorang, ia tidak akan keliru memahami konteks pembicaraan. Tentu akan sangat fatal jika kita hanya membaca satu tweet dan membalasnya tanpa mengetahui konteks yang sedang dipakai. Bisa jadi respon yang diberikan administrator akan melenceng dari yang seharusnya. Bayangkan jika tweet-tweet yang sebenarnya saling bersahutan dan berkaitan itu tidak bisa dilacak lagi, tentunya akan sangat menyulitkan administrator dalam memahami percakapan di jejaring sosial. Konteks adalah jebakan yang kerap menjatuhkan kita di Twitter yang ruang penuangan karakternya dibatasi.

KELOLA SEMUA AKUN JEJARING SOSIAL DI SATU DASBOR
Hal yang paling menyenangkan bagi seorang administrator jejaring sosial ialah bekerja dengan praktis dan efisien. Hootsuite memungkinkan hal itu dilakukan. Lima jejaring sosial bisa dimasukkan di dasbor 1 akun Hootsuite gratis (freemium). Untuk akun Hootsuite yang berbayar (premium), tentu jumlahnya sebanyak mungkin yang Anda mau dan kelengkapan fiturnya lebih baik. Anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn yang bisa dikelola dalam satu dasbor saja. Lalu ada juga direktori aplikasi (app directory) yang memungkinkan kita menggunakannya di Tumblr dan YouTube yang memaksimalkan jangkauan konten kita ke sebanyak mungkin audiens di dunia maya.

follower growth

FITUR “ANALYTICS”
Di sini, Anda akan menemukan informasi detil tentang strategi yang berhasil dan gagal di berbagai jejaring sosial yang Anda masuki. Cari saja fitur analytics dan Anda akan menemukan berbagai template laporan monitoring performa kerja Anda di jejaring sosial selama kurun waktu tertentu. Ada ulasan profil Twitter, ringkasan engagement akun Twitter, agregat Twitter, Google Analytics, ringkasan klik Ow.ly (pemendek URL yang dipakai di Hootsuite), dan sebagainya.

Untuk pengguna akun freemium saja, sudah disuguhkan laporan pertumbuhan jumlah follower, penggunaan kata kunci selama beberapa hari ke belakang, dan daftar 10 tautan (link) yang paling populer dengan jumlah klik yang tercatat.

Dan yang paling memudahkan adalah Anda bisa mengunduh laporan ini dalam format PDF atau CSV untuk diserahkan pada atasan atau setidaknya Anda simpan untuk konsumsi pribadi.

Masih punya alasan untuk tidak memakai Hootsuite?

5 Comments

Filed under social media

5 responses to “6 Alasan Mengapa Hootsuite Aplikasi Terbaik untuk Berbagi di Jejaring Sosial

  1. Yang publisher saya belum pernah mengotak-atik, ada dibagian manakah itu mas. Atau saya sudah lupa, lumayan dan cukup sering saya menggunakan HootSuite untuk mengelola akun-akun komunitas dan itu pun hanya 4 akun yang boleh tersambung, entah kenapa tidak bisa 1 lagi (freemium).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s