Bagaimana Jack Dorsey Akhirnya Menggunakan Kata “Twitter”

jack dorseySebelum menyebut layanan jejaring sosial yang ia buat sebagai Twitter, Jack Dorsey pernah mempertimbangkan untuk menggunakan nama-nama lain. “Kami saat itu akan menggunakan nama ‘Jitter’, lalu ‘Twitch’. Semuanya terdengar kurang enak dan kami ingin menggunakan nama yang artinya sensasi fisik. Saat Anda mendapatkan pesan, ponsel akan bergerak-gerak. Tapi rasanya Twitch kurang bisa menyampaikan citra yang baik,”terangnya sebagaimana dikutip dari sebuah wawancara dengan Kevin Rose.

Jack kemudian mengatakan ia mengambil kamus dan menemukan di entri berawalan “tw…” lalu ia menemukan kata “twitter” yang artinya “letupan informasi yang singkat dan tidak penting” dan “kicauan burung”. Kata itu ia temukan di kamus Oxford baru. Sempurna! Ia pun memakainya.

“Karena kami berbasis di ponsel, dan ponsel menjadi bagian penting dalam kehidupan, dibutuhkan kode pendek yang cuma 5 karakter. Lalu kami memutuskan untuk menghilangkan vokalnya menjadi ‘twttr’ agar orang bisa menggunakan Twitter di ponselnya sebagai layanan,”kisahnya.

Namun, eksperimen nama brand itu terganjal. “Twttr” sudah diklaim dan digunakan oleh pihak lain sehingga timnya harus opsi nama tersebut.

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s