Haruskah Memulai Latihan Yoga dengan Surya Namaskar?

Dalam sebuah kesempatan, saya pernah ‘terpaksa’ mengajar karena saya harus menggantikan seorang guru yang biasa datang. Saya katakan ‘terpaksa’ karena saya juga tidak sepenuhnya terpaksa di sini, saya berusaha untuk menumbuhkan kerelaan berbagi dalam diri. Berbagi sedikit hal yang saya ketahui dalam yoga kepada orang lain yang mungkin menganggap saya masih ‘hijau’ dan belum kompeten.

Saya pun mengajar dengan kemampuan dan pengetahuan yang saya miliki. Saya tahu saya belum bisa dibandingkan dengan guru-guru yang lebih berpengalaman dan berjam terbang tinggi.

Singkat cerita, saya memulai latihan dengan peregangan atau stretching ringan dan secara tidak sengaja melewatkan sun salutation atau surya namaskara. Entah karena terlalu grogi atau kurang berkonsentrasi dan memfokuskan pikiran tetapi saya melewatkan begitu saja.

Karena itu, seorang murid ‘protes’, mengatakan,”Tadi kurang pemanasannya! Tidak ada surya namaskar!” Terlepas dari isi protesnya, kemudian saya berpikir:”Apakah memang harus menggunakan surya namaskar sebagai pemanasan? Apakah ia satu-satunya alat untuk warming up dalam yoga?”

Pertanyaan serupa kembali mengemuka saat saya mengikuti workshop beberapa waktu lalu, seorang guru mengatakan tanpa bernada dogmatis bahwa pemanasan sangat bervariasi. Ada orang yang menganggap sun salutation itu terlalu menantang, menguras tenaga dan lebih menyukai pose-pose duduk sebagai pemanasan badan ke fase inti latihan. Inilah orang-orang yang sudah berusia cukup lanjut. Kemudian ada yang berkata sun salutation, sebagai pemanasan, bisa langsung digantikan pose inversi seperti sirsasana atau headstand. Lalu ada sebagian yang berpendapat bahwa sun salutation harus menjadi awal latihan asananya, seperti yang saya temukan dalam kelas saya di atas.

Lalu yang benar yang mana?

Semua benar, bergantung pada kondisi masing-masing individu yang melakukan latihan asana yoga. Kalau saya, katakanlah, sedang mengalami cedera, mungkin sun salutation akan terasa sangat menantang dan tidak bisa dilakukan. Apakah saya tidak boleh menghindari itu? Justru harus dihindari, apalagi kalau itu memperburuk kondisi bagian yang didera cedera. Kalau Anda sedang dalam kondisi bugar dan sehat, tentu tidak cuma sun salutation yang bisa Anda lakukan, langsung headstand saja silakan, asal Anda melakukan dengan penuh kesadaran.

2 Comments

Filed under yoga

2 responses to “Haruskah Memulai Latihan Yoga dengan Surya Namaskar?

  1. saya nggak suka surya namaskar, karena bikin capek duluan!

Leave a Reply

