10 Poin Penting dalam Membuat Blog yang Digemari

Darren Rowse adalah salah satu sosok blogger kenamaan dari negeri kanguru yang menjadi inspirator saya di tahun 2009 untuk memulai menulis blog. Meski belum banyak menghasilkan uang seperti Rowse, saya bisa melatih kemampuan menulsi dengan blogging di kala senggang.

Darren Rowse adalah salah satu sosok nara blog kenamaan dari negeri kanguru yang menjadi inspirator saya di tahun 2009 untuk memulai menulis blog. Meski belum banyak menghasilkan uang seperti Rowse, saya bisa melatih kemampuan menulis dengan menuangkan ide di blog pribadi di kala senggang.

Blog saat ini makin diakui sebagai salah satu sarana membangun percakapan yang jujur antara seorang figur/ perusahaan/ organisasi dengan khalayak ramai yang menjadi konsumen atau audiensnya.

Membuat blog memang kelihatannya mudah. Cukup beli domain, hosting dan tugaskan sebuah tim narablog (karena satu orang saja tidak mungkin membangun dan menjalankan blog profesional) untuk menulis dan mengunggah konten segar dan baru setiap hari ke dalamnya untuk menarik kunjungan dan mempertahankan pengunjung yang sudah setia.

Blogging adalah sebuah pekerjaan mudah, jika dilihat dalam waktu sehari dua hari. Tetapi sayangnya membuat blog lain sama sekali dengan menjalankan sebuah blog profesional. Pemeliharaan dan pembaruan blog harus dilakukan terus menerus, bak seorang pelari dalam lomba marathon. Ini sama sekali lain dengan seorang pelari jarak pendek dalam lomba sprint. Dan yang lebih penting lain ialah bagaimana Anda bisa membangun komunitas dan pengunjung blog yang setia dengan kesabaran, tenaga dan pikiran serta dana yang luar biasa ekstra.

Berikut adalah beberapa hal yang saya telah pelajari selama 5 tahun terakhir sebagai penulis konten online, penerjemah konten, narablog, dan pekerja web.

  • Kerendahhatian: Sebuah blog yang digemari mampu menempatkan dirinya sebagai seorang teman dan rekan yang sejajar dengan pembacanya. Saat Anda membaca sebuah blog yang kalimatnya bernada menggurui, Anda mungkin akan merasa muak, apalagi jika itu datang dari seseorang yang belum dikenal luas atau sudah teruji kiprahnya di bidang tertentu. Meski Anda memiliki kredibilitas yang tinggi sekali pun, sikap rendah hati masih harus dipelihara dalam berinteraksi karena itulah yang membuat para pembaca nyaman dan merasa berbincang dengan teman akrabnya. Ingatlah bahwa blog adalah sebuah tempat untuk bercakap-cakap juga, bukan hanya chat room, WhatsApp, dan sebagainya yang kita bisa buat sebagai wadah mengobrol daring.
  • Keaslian konten: Banyak orang yang mengabaikan pentingnya konten yang unik dan otentik. Ibaratnya bagaimana Anda bisa menjadi seorang pribadi yang digemari oleh orang lain jika Anda mengekor saja? Anda harus punya jati diri, dan dalam blog, jati diri itu ditunjukkan dengan pembuatan konten yang tidak bisa ditemui di blog dan situs lain. Dan penyampaiannya juga dibuat unik agar sesuai dengan audiens. Menulis ulang konten dari sumber lain memang sah-sah saja, tetapi itu tidak akan membuat blog Anda banyak berkembang. Jika Anda membuat konten dengan cara seperti itu, silakan saja, tetapi suatu saat nanti, Anda juga harus menemukan konten dan gaya penulisan Anda sendiri. Bila Anda ingin membuat blog yang nantinya bisa menghasilkan uang dari pemasangan iklan seperti AdSense dari Google, unsur keaslian konten ini juga amat krusial.
  • Kesederhanaan desain: Saat melihat sebuah blog, desainnya adalah yang pertama dinilai oleh pembaca. Jika Anda terlalu banyak menampilkan banner dan menumpahruahkan konten di halaman depan, Anda seolah sangat putus asa dan ingin membuat pengunjung membaca semuanya. Tebak apa yang mereka pikirkan saat melihat halaman depan blog yang terlalu sesak padat dengan konten? Kebingungan. Cukup berikan kotak pencarian, arsip dan daftar artikel terkini atau terpopuler. Sisanya sediakan untuk ruang kosong agar pandangan pengunjung lega. Di samping itu, waktu loading blog juga akan lebih singkat. Bayangkan siapa yang tidak jengkel harus menunggu loading terlalu lama karena terlalu banyak gambar atau flash atau banner di halaman depan blog Anda? Tidak semua orang memiliki akses Internet broadband yang Anda bisa akses dengan mudah di Jakarta.
  • Konten multimedia: Inilah konten yang lebih menarik dari hanya sekadar barisan teks. Entah itu gambar, video atau audio, semuanya bisa membuat pengunjung lebih lama mengaduk-aduk isi blog Anda. Semua orang memiliki mata yang mudah tertarik dengan gambar dan video, seperti seorang anak yang tidak bisa membaca dan hanya ingin menikmati ilustrasi di sebuah buku cerita. Pembaca blog Anda juga butuh konten multimedia yang menyegarkan mata.
  • Fokus: Anda boleh saja rakus untuk menampilkan sebanyak mungkin konten tetapi pastikan semua konten yang tertampil di blog itu memiliki fokus dan relevansi satu sama lain. Tetapi satu pengecualian adalah blog berita, yang mungkin bisa memuat konten dari politik sampai kesehatan.
  • Judul yang ‘panas’: Don’t judge the book from its cover. Pepatah lama itu memang ada benarnya tetapi dalam dunia blog, berlaku “please judge the writeups from their titles”. Saat saya menulis sebuah artikel yang isinya sama menariknya, jumlah pengunjung yang tertarik membaca bisa berbeda. Itulah kekuatan judul. Memang ia hanyalah tampilan luar dari blog Anda tetapi perannya sangat penting untuk menarik pembaca. Asal jangan sampai menggunakan judul sebagai penarik yang menyesatkan.
  • Opinionated: Miliki pendapat dan pendirian sendiri yang berbeda dari orang kebanyakan, dan blog Anda akan berpotensi menjadi acuan dan panutan yang pada gilirannya menarik lebih banyak pembaca. Tentu tidak mengapa jika Anda ingin menulis dengan penuh tendensi atau opini tertentu yang berbias asalkan Anda bisa memberikan bukti kuat untuk mendukung pernyataan Anda.
  • SEO: Anda perlu memikirkan lebih lanjut jika ingin membuat blog Anda lebih melejit. SEO akan membuat blog Anda lebih mudah ditemukan di halaman mesin pencari. Tetapi pertama-tama, Anda harus memikirkan konten berkualitas yang harus disuguhkan. Jangan hanya melulu terpaku pada SEO sementara kualitas konten blog Anda rendah. Kadang, tanpa melakukan SEO, pengunjung akan makin banyak jika dan hanya jika konten Anda menarik dan berguna sehingga membuat mereka kecanduan dan merasa rugi jika tidak menyebarkannya ke sebanyak mungkin orang yang mereka kenal. Dan yang patut diketahui, SEO hanyalah alat, bukan tujuan. Dan ia tidak serta merta menjadi jawaban atas popularitas blog yang masih rendah.
  • Kejujuran: Siapa yang mau ditipu? Termasuk juga pembaca blog Anda. Mereka tidak mau membaca konten yang isinya kebohongan. Boleh saja membuat judul dan konten yang kontroversial agar menarik pengunjung tetapi pertimbangkan dulu aspek kejujurannya. Apakah pemelintiran judul atau konten bisa membuat pengunjung kecewa atau justru terhibur?
  • Keteraturan: Dengan teratur mengunggah konten baru ke blog, aktivitas di blog akan setidaknya bisa dipertahankan, pengunjung akan stabil. Namun, jika Anda malas, jumlah pengunjung bisa menurun dan blog akan terlupakan.

 

Leave a comment

Filed under blogging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s