Orang Optimis Meninggal Lebih Muda?

cheerSelama ini kita lebih banyak disuguhi tulisan dan hasil penelitian yang menyanjung-nyanjung manfaat positif memiliki kepribadian yang optimis dan periang. Mereka yang periang dikatakan lebih baik dalam mempertahankan hidupnya.

Kepribadian memang mempengaruhi panjang pendeknya hidup seseorang dalam tingkatan tertentu (terlepas dari takdir), mereka yang memiliki tingkat optimisme dan keceriaan yang lebih tinggi cenderung meninggal lebih muda. Pernyataan ini bukan klaim sembarangan melainkan temuan dalam penelitian di AS.

Ilmuwan yang memimpin studi ini adalah Howard S. Friedman, seorang pengajar terkemuka ilmu psikologi di University of California, Riverside. Ia didampingi oleh Leslie R. Martin, pengajar psikologi di La Sierra University di Riverside; dan para peneliti yang menganalisis data dari sebuah penelitian terhadap 1500 siswa cerdas yang usianya 10 tahun saat penelitian dimulai tahun 1921.

“Para peserta yang paling ceria dan memiliki selera humor yang paling tinggi saat kanak-kanak rata-rata hidup lebih pendek daripada mereka yang kurang ceria dan kurang suka bercanda,”ujar Martin dalam sebuah pernyataan resmi.

Mereka yang bertekad baja dan bijak dalam menjalani hidup adalah yang bisa hidup paling lama, kata Martin.

Alasan lainnya yang bisa digunakan untuk menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi ialah penelitian perilaku kesehatan para subjek penelitian. Orang-orang yang ceria, berpembawaan riang memiliki kecenderungan untuk mengambil lebih banyak risiko dengan kesehatan mereka sepanjang hayatnya, terang Friedman.

Meskipun pendekatan optimistis bisa bermanfaat saat seseorang menghadapi krisis dalam kehidupan ini, para ilmuwan menemukan bahwa secara umum, terlalu banyak berasumsi bahwa semuanya akan baik-baik saja bisa berbahaya karena bisa memicu seseorang berperilaku ceroboh terutama terkait kesehatan dan umur mereka.

Agar lebih meyakinkan lagi, Anda bisa menemukan paparan temuan-temuan ilmiah ini di buku berjudul “The Longevity Project: Surprising Discoveries for Health and Long Life from the Landmark Eight-Decade Study.”

 

 

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s