Jangan Dikte Pilihan Politik Anakmu, Apalagi Orang Tuamu!

Mau tidak mau, diakui atau tidak, politik sudah setaraf dengan keyakinan sekarang. Oh, sekarang? Mungkin sudah sejak dulu, cuma saya saja yang mungkin berasumsi demikian. Maksud saya adalah seperti agama dan keyakinan kita, pilihan politik kita juga sesuatu yang pada hakikatnya bagian dari hak asasi manusia.

Dengan pandangan tersebut, saya yakin bahwa setiap orang boleh memilih siapa saja tanpa merasa tertekan. Siapa saja boleh menjatuhkan pilihannya pada kandidat yang diinginkan sesuai hati nuraninya, atau kalau boleh jujur, kepentingan praktisnya.

Jadi saat saya menemukan “Surat untuk Papa yang Akan Memilih Prabowo” di gitaputridamayana.wordpress.com, saya agak tersentak. Apa harus seorang anak mendikte pilihan politik ayahnya? Like…really?!!

Saya tidak pernah setuju dengan tindakan dikte mendikte, bujuk membujuk yang berujung pemaksaan, sakit hati, konflik. Bagi saya, sama saja antara pendiktean oleh orang tua pada anak dengan pendiktean oleh anak pada orang tua. “Kalau kamu masih sayang papa mama, pilih kandidat X!” atau “Kalau papa mama masih sayang aku, pilih kandidat Y!”

Lalu saya berpikir, bukankah inti demokrasi adalah menerima perbedaan yang ada di berbagai lini kehidupan. Kalau kita membuat orang lain memilih calon presiden kesukaan kita padahal mereka sudah memiliki pilihan yang lain, bukankah itu tindakan manipulatif? Memanipulasi orang-orang terkasih demi kemenangan calon kesayangan.Terlepas dari benar tidaknya pilihan itu, caranya tetap saja kurang sesuai dengan prinsip demokrasi menurut hemat saya.

Karena itulah ada frase “We agree not to agree”, yang bisa diartikan secara kasar “Kita sepakat untuk tidak sepakat.” Tampaknya sebagian orang belum memahami makna di balik frase ini. Atau mungkin tidak akan pernah memahaminya.

Leave a comment

Filed under miscellaneous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s