Menggugat Definisi Ibukota

‎Hidup di Jakarta tidak sekejam yang banyak orang bayangkan. Malah pada dasarnya mengasyikkan. Asal Anda memilih gaya hidup yang masuk akal, lingkaran sosial yang tepat, tempat tinggal yang aman, nyaman, bersih dan bekerja sesuai dengan passion disertai kerja keras dan cerdas yang di atas rata-rata, Anda bisa melesat setinggi apapun di sini. Atmosfer meritokrasi modern lebih kental di sini daripada di kampung halaman, setahu saya sejauh ini.

‎Bagi saya sendiri, Jakarta dapat diibaratkan sebagai seorang bapak yang tegas tetapi penyayang. Pameo selama ini yang menganggap Jakarta kota nan kejam melebihi kekejaman ibu tiri sudah usang. Saya bosan mendengarnya. Kita tidak lagi hidup di zaman Bawang Merah dan Bawang Putih atau Cinderella yang membuat banyak orang ketakutan dengan istri baru bapak mereka. Lagipula hal itu tak masuk akal juga. Kalau ada anak diperlakukan kejam oleh ibu tiri, mana mau ia kembali kepadanya? Sementara ia bisa lebih bebas dan merdeka di luar sana. Analogi itu terasa kurang pas bagi Jakarta yang sekejam-kejamnya masih saja dikerumuni pendatang baru setiap waktu, tidak hanya pasca Lebaran.

Jakarta mungkin ‘kejam’ bagi sebagian orang tetapi tak dapat dipungkiri bahwa di sini rejeki itu paling banyak berakumulasi. ‎Dan arti ‘kejam’ itu mungkin bermakna tegas. Jakarta seperti bapak yang menempa anak-anaknya. Ia membina jiwa-jiwa manusia di dalamnya menjadi lebih tegas, lebih asertif, lebih blak-blakan, dan lebih tangguh untuk seterusnya. Itulah yang saya rasakan. Saya menjadi lebih berani, nekat dan tak segan bermimpi besar, bekerja dan bertaruh demi masa depan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah pengalaman Anda tentang Jakarta juga sama dengan saya? Silakan berbagi di kotak komentar.

Leave a comment

Filed under miscellaneous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s