Update Software Biang Konsumerisme?

IMG_3939.PNG
Apple sial! Hanya dalam waktu 3 tahun, iPhone-nya sudah menjadi barang usang. Bagi Anda yang memiliki iPhone 4, jangan berharap akan ada update iOS 8. Dan bahkan bagi pemilik iPhone 4S, jangan berlega hati dulu! Karena konon meskipun masih memungkinkan untuk mengunduh versi terbaru iOS itu, iPhone Anda akan makin BOROS baterainya dan LAMBAT kinerjanya!!! Bagaimana bisa? Mari salahkan hardwarenya yang kurang mendukung. Lalu solusinya apa? Beli iPhone baru lagi. wtf!!!

Sebetulnya sayang sekali bukan menghambur-hamburkan uang demi membeli perangkat baru yang belum begitu mendesak untuk dimiliki sekaligus membuang perangkat lama yang masih berfungsi baik? Tetapi bagaimana lagi, memang itu yang kerap terjadi di dunia teknologi. Tak ayal sampah makin menggunung saja. Jadi kalau ada anggapan Apple perusahaan yang paling ramah lingkungan, mungkin harus dipertanyakan lagi.

Namun, di balik update software yang membakar semangat konsumerisme itu memang ada sisi positifnya. Keamanan makin yahud. Dengan kemunculan virus Heartbleed yang konon menyebar luas di dunia maya, yang artinya juga bisa menjangkiti perangkat bergerak apapun yang tersambung ke Internet, aspek keamanan berselancar terutama dalam hal transaksi keuangan dan data pribadi semacam surel menjadi melemah. Karenanya, produsen software semacam Apple harus menyempurnakan sistem operasinya lagi agar tidak akan ada lagi insiden memalukan seperti bocornya foto tanpa busana aktris Jennifer Lawrence.

Dunia Android juga setali tiga uang. Saya pernah memiliki Samsung Galaxy Nexus 2 yang diberi gelar sebagai smartphone flagshipnya Google-Samsung. Tahun 2012 Nexus 2 dirilis dan begitu mendapat 2 x update sistem operasi Android secara otomatis via jaringan seluler dalam beberapa bulan berikutnya, tak akan ada lagi update yang bisa dinikmati. Itulah kebijakan Samsung. wtf!!!

Dan kabar buruknya bagi para pengguna smartphone beranggaran cekak (atau yang sengaja membatasi anggaran pembelian perangkat barunya) seperti saya dan mayoritas pengguna ponsel pintar di dunia ini, sisi keamanan harus dikorbankan agar tetap bisa berhemat. Duh!

Leave a comment

Filed under technology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s