Terapi Yoga Sederhana untuk Tegakkan Punggung Bungkuk

‎Kebiasaan membungkuk saat membawa tas punggung yang berat di masa kecil atau remaja kerap menjadi biang keladi punggung yang bungkuk di masa dewasa dan tua. Orang makin terbiasa dengan posisi bungkuk dan merasa bahwa posisi tubuhnya sudah alami. Inilah yang hilang dari orang-orang bungkuk: kesadaran bahwa mereka membungkuk. Baru jika ada cermin, foto atau video yang menunjukkan postur mereka yang sebenarnya, baru mereka percaya postur mereka bermasalah.

Tapi apa masalahnya kalau seorang berpostur bungkuk? Menurut apa yang saya rasakan sendiri, membungkuk dalam waktu lama, apalagi jadi kebiasaan bertahun-tahun, akan membuat proses pernapasan kurang maksimal. Kita tak bisa leluasa menghirup napas, udara bersih yang kaya oksigen dengan kuantitas hirupan yang lebih banyak. Itulah mengapa posisi tulang belakang amat penting dalam yoga, ‎karena yoga membuat kita menyadari bahwa tulang belakang, paru-paru, dan kualitas kesehatan dan hidup terkemas menjadi satu paket yang saling mengkait.

‎Nah, dari sana kita kini tahu pentingnya memperbaiki posisi punggung yang bungkuk untuk menjadi lebih tegak. Begini caranya:
Anda bisa melakukan pose-pose yoga yang berorientasi memanjangkan tulang punggung hingga semaksimal mungkin. Pose itu misalnya uttanasana (duduk dengan kaki dipanjangkan kemudian luruskan punggung hingga muka dekat ke lutut). ‎Belum bisa? Lakukan saja ardha uttanasana (separuh uttanasana) yang lebih mudah dan mirip gerakan rukuk dalam solat. Downward facing dog juga bisa menjadi pemanjang punggung. Setu bandha sarvangasana dengan bantuan prop bantal dan balok.

Sarie mengatakan orang bungkuk biasanya lehernya memendek sehingga mereka harus hati-hati‎ saat memakai prop (alat bantu) yang diletakkan di bawah punggung bagian atas karena otot menjadi tegang. Namun ia menegaskan latihan itu memang bagus.

Cara lainnya adalah dengan memperbaiki postur dan menjaganya sesering mungkin agar tetap tegak. Kesadaran akan postur yang sehat membuat kita akan gelisah begitu tubuh terasa ada yang salah. Jika dalam kegiatan sehari-hari ‎kita melupakannya, mintalah orang di sekitar Anda untuk mengingatkan begitu Anda cenderung bungkuk.

Postur yoga yang juga bermanfaat ialah gomukahasana (pose sapi) yang turut membuka area dada dan bahu yang menyempit akibat bungkuk dalam periode waktu yang lama.

Bila kesadaran menjaga postur agar tetap tegak masih lemah, berikan “jaket bahu” yang bentuknya semacam simpul tali/ belt/strap yang membuat‎ dua bahu terbawa ke belakang, dada lebih membusung. Di sini orang yang sering membungkuk akan dipaksa melemaskan otot-otot bagian depan tubuhnya supaya dada (pectoral), punggung atas, belikat dan lainnya lebih terbuka. Latihan ini menurut praktisi terapi yoga Sarie Soekiman perlu dilakukan sebelum melakukan pose lainnya yang bersifat backbending (seperti kayang) dan baru pemanjangan tulang belakang bisa dilakukan.

‎Satu prinsip yang perlu selalu diingat dalam terapi yoga apapun ialah anatomi badan murid yang bersangkutan baru memberikan pose-pose yoga yang sesuai kebutuhan mereka. Ada yang bungkuk di area cervical, thoraxic, lumbar atau gabungan dari beberapa area itu.

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s