Bersiap untuk NaNoWriMo

John Green, penulis The Fault in Our Stars, pernah mengatakan dalam video Vlog Brothers
di YouTube bahwa menulis novel yang bagus dalam sebulan memang MUSYKIL. Kecuali Anda seorang jenius atau Anda orang kaya raya dan pemilik perusahaan penerbitan yang bisa seenaknya mencetak karya Anda yang paling kacangan dan picisan sekalipun untuk dipublikasikan, Anda pasti membutuhkan proses untuk membuat karya fiksi terbaik Anda.

Namun, demikian Greene yakin bahwa waktu sebulan itu cukup untuk menghasilkan sebuah draft pertama yang lumayan layak baca, meski nantinya tidak tertutup kemungkinan Anda bisa mengalami “pembantaian” habis-habisan oleh editor.

Karena itulah, saya menantang diri sendiri untuk bisa menghasilkan sebuah draft karya fiksi, entah itu novel atau novelet atau kumpulan cerpen dan saya akan memulai menulisnya sekarang.

Saya tidak akan peduli dengan pendapat orang karena saya hanya ingin menuliskannya untuk memuaskan diri sendiri dulu. Saya ingin menulis untuk menghasilkan karya yang saya ingin konsumsi sendiri, begitulah juga cara kerja Stephanie Meyer yang dikenal dengan Twilight Series-nya yang fenomenal. Egois kedengarannya, tetapi begitulah adanya.

Tulis dulu semuanya lalu sunting lagi untuk menyempurnakan.

Because writing is basically about rewriting….

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s