Yoga untuk Pengendara Mobil

IMG_4730.PNG
Jangan khawatir. Bukan gerakan yoga semacam di foto itu yang harus Anda lakukan agar bisa lebih fokus dalam mengemudi mobil. Gerakan yoga atau asana dalam konteks ini tidak akan melibatkan gerakan akrobatik yang membuat orang memalingkan kepala, mengernyitkan dahi atau menyaksikan sambil merasa ngeri.

Dalam acara yang diadakan Ford Indonesia Sabtu pekan lalu (15/11), saya bersama teman-teman dari komunitas Yoga Gembira Taman Suropati dilibatkan dalam memberikan pelatihan yoga kilat bagi para peserta acara agar mereka lebih sadar pentingnya berkendara yang hati-hati demi keselamatan diri dan banyak orang. Untuk memberikan gambaran mengapa kehati-hatian berkendara itu sangat diperlukan, panitia Ford memutar video berbagai kecelakaan lalu lintas yang meski rekaan tetapi amat realistis.

Saya sendiri pernah menjadi korban kecelakaan lalin. Tulang paha kanan saya patah. Untungnya saat itu saya masih muda usia sehingga kecepatan pulihnya sangat baik. Kalau sudah lebih tua, tulang akan lebih lama menyambung.

Baru-baru ini seorang teman juga mengalami kecelakaan lalin yang meski tak cukup fatal tetapi cukup membuat orang-orang di sekitarnya kerepotan. Pasalnya ia datang dalam kondisi setengah mabuk dan berdarah-darah dengan motor separuh hancur. Untung itu kecelakaan tunggal, sehingga tidak ada orang lain yang ikut celaka.

Kejadian naas lain yang masih berkaitan dengan kecelakaan lalin ialah kematian sepupu saya tahun lalu akibat kakinya terlindas trailer. Meski sanggup bertahan beberapa pekan, akhirnya ia harus menghembuskan napas terakhir di operasinya yang kesekian kali untuk menyelamatkan kedua kaki.

Karena itulah saya turut merasa terpanggil di acara ini. Yoga ternyata bisa membantu sedikit banyak agar kita yang mengemudi di jalan lebih waspada, fokus pada apa yang di depan, bukannya terlena angan-angan. Ada gerakan-gerakan peregangan khas yoga yang sebenarnya mudah dilakukan agar tubuh lebih segar sehingga konsentrasi mengemudi terpelihara. Katakanlah gerakan memilin torso alias twisting. Dengan memeras perut, “detoksifikasi” konon bisa dilakukan. Lalu ada juga gerakan memutar sendi-sendi badan seperti leher, bahu, pergelangan tangan, yang bisa meringankan keluhan pegal setelah berada di balik kemudian sekian lama. Agar bisa lebih segar dan mengusir kantuk, cobalah gerakan backbending yang “membuka” area dada untuk memperdalam napas masuk sehingga oksigen masuk lebih banyak, karena mengantuk bisa terjadi jika otak kekurangan oksigen. Sedikit gerakan inversi (jantung di posisi lebih tinggi dari kepala) juga bisa menyegarkan otak lagi. Gerakan utkatasana atau chair pose juga menguatkan lagi otot-otot di seluruh kaki yang melemah akibat berjam-jam duduk di kursi mobil. Konon dengan menggerakkan kaki secara teratur di sela-sela kegiatan duduk seharian bisa menekan dampak negatif duduk pada tubuh.

Di samping gerakan, pengaturan napas juga penting bagi pengemudi agar dapat mengendalikan stres di jalan. Stres boleh dan memang sangat manusiawi tapi jangan sampai dikendalikan olehnya. Saat stres, disarankan memperdalam dan memperlembut pernapasan. Bukan perkara gampang kalau kita ada di tengah kemacetan, atau di saat ingin buang hajat di tengah jalan. Tetapi jika Anda bisa memperlambat napas dan membuatnya lebih teratur dan lembut serta dalam, akhirnya Anda bisa mengendalikan stres hingga tahapan tertentu.

Melakukan beberapa gerakan dan pernapasan ala yoga saat sedang atau rehat di jalan mungkin tidak secara langsung membuat angka kecelakaan di Indonesia menurun tajam hingga nol persen tetapi setidaknya ia bisa menekan hingga angka serendah mungkin.

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s