Menyambut Hari Relawan Sedunia Besok

Selain semboyan “There’s an app for everything”, saya pikir juga harus ada “There’s a special day for every single thing on earth”.

Entah gagasan atau usulan dari siapa, tetapi terima sajalah bahwa besok adalah Hari Relawan Internasional atau International Volunteer Day. Konon besok, tanggal 5 Desember, akan menjadi perayaannya. Aneh? Sangat aneh karena tidak diberlakukan libur!

Bagi yang tinggal di Jakarta, peringatan hari relawan sedunia – tanpa akhirat – ini akan digelar secara massal di jalan MH Thamrin tanggal 7 Desember nanti karena saat itulah hari bebas kendaraan bermotor diadakan.

Dalam rangka itu, Asean juga mengadakan event khusus relawan yang digelar oleh ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management atau AHA CENTRE yang fokus di bidang penanganan bencana.

Sebagai seorang relawan tetap di Komunitas Yoga Gembira Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, saya bangga bisa menyumbangkan sedikit tenaga dan waktu untuk satu upaya kebaikan secara konsisten. Saya, begitu juga relawan manapun, tak dibayar (mungkin hanya uang lelah sekali-kali dalam besaran yang tak bisa diduga sama sekali) dan memang tidak bisa mengandalkan ini sebagai mata pencaharian kami. Tetapi dari sini, ada begitu banyak pintu peluang yang membuat kehidupan menjadi lebih baik. Tidak cuma untuk kami sendiri tetapi juga orang lain yang ada di sekitar kami.

Hidup relawan!

Leave a comment

Filed under save our nation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s