Anatomi Meditasi Vipassana

‎Meditasi telah lama diyakini baik untuk menyeimbangkan dan menenangkan pikiran. Di dalam praktik meditasi, tidak ada pemujaan relijius tertentu karena yang dilakukan (terutama yang meditasi buddhis, vippassana) adalah memperhatikan aliran napas yang masuk dan keluar.

Selain napas, pikiran juga diupayakan fokus ke waktu dan ruang saat ini. Jika masih terpaut dengan masa lalu, pikiran terbebani penyesalan. Bila meloncat ke masa depan, pikiran dimanjakan imajinasi. Menikmati kekinian itulah yang diusahakan agar dapat menyeimbangkan pikiran yang sudah terlalu sering dipenuhi sesal dan fantasi.

Apa yang dilakukan selama meditasi? Meditasi bisa berlangsung selama 3 jam. Namun jangan khawatir, Anda tidak akan dibiarkan diam dan duduk selama 3 jam tanpa jeda. Biasanya ada beberapa bagian. Pertama ada pengantar, yaitu saat sang meditator mempersilakan peserta merasakan napas dulu selama 3 menit.

Setelah itu, diberikan ceramah singkat yang menyejukkan. Kemudian ada meditasi bagian kedua selama 5 menit. Masih fokus pada napas‎. Setelah selesai, diberikan ceramah lagi. Lalu peserta dipersilakan lagi bermeditasi kurang lebih 10 menit dengan iringan musik instrumental nan lembut dan menenangkan pikiran untuk memaksimalkan sensasi bermeditasi.

Di bagian penutup, peserta dipersilakan bermeditasi selama 20 menit tanpa musik. ‎Di sesi meditasi terakhir ini, tantangan untuk fokus makin besar karena peserta akan didorong lebih keras memusatkan pikiran agar tidak terganggu distraksi eksternal lingkungan fisik maupun distraksi mental dalam bentuk imajinasi dan pikiran di masa lalu.

Inilah tantangannya. Mindfulness meditation itu seyogyanya tidak dilakukan dengan sengaja menyisihkan waktu khusus di tempat yang benar-benar tenang. Bahkan di tempat penuh hiruk pikuk dan lalu lalang orang, Anda masih harus bisa bermeditasi. Meditasilah di tengah mall, di tengah jalan raya saat hari bebas kendaraan bermotor, dan sebagainya.

Kenapa demikian? Karena kita tak pernah tahu kapan faktor pemicu stres itu akan datang. Jangan mewajibkan diri untuk meluangkan waktu khusus untuk bermeditasi di tempat yang tenang. Boleh saja bermeditasi di tempat tenang tetapi idealnya di tempat seramai apapun, Anda juga perlu melakukannya dengan tingkat konsentrasi yang relatif setara di lingkungan yang tenang.

(Sumber foto: Wikimedia)

Leave a comment

Filed under health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s