Pangan Lokal Mahal?

‎Pangan lokal tidak selalu mahal. Kalau pun memang demikian, pasti ada alasan kuat di baliknya. Konsumen selalu senang jika harga produk murah tanpa peduli apakah harga itu adil untuk para produsen lokal. Padahal di balik harga yang murah itu, harga yang jauh lebih tinggi harus mengorbankan kesejahteraan para petani lokal.

Sebetulnya pada dasarnya semua pertanian itu adalah organik tetapi sejak diperkenalkannya pupuk kimia dan pestisida, semua berubah. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun agar tanah bisa kembali seperti sedia kala sebelum diberi pupuk kimia.

Sayangnya banyak konsumen yang belum sadar untuk menggunakan kekuatan yang mereka miliki dalam mendesak para produsen agar lebih memihak pada pada petani lokal.

Diharapkan adanya saling kesepahaman agar konsumen dan produsen pangan lokal bisa mencapai solusi yang sama-sama menguntungkan (win-win solution) agar keduanya saling berjalan beriringan. Para petani makin sejahtera dengan harga yang lebih manusiawi, dan konsumen tidak harus membayar terlalu mahal untuk produk organik lokal. Jangan sampai produk organik lokal hanya bisa dinikmati orang-orang kaya, karena semua orang berhak untuk menikmatinya.

Leave a comment

Filed under save our nation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s