Breaking News: Jonru Hentikan Newsletter

Mendapati email bersubjek “Saatnya Berpisah” dari Jonru yang tersohor itu beberapa menit lalu, saya terkejut. Beberapa saat kemudian saya menyadari email itu adalah email blast karena tahun 2009 saya pernah mendaftarkan alamat email saya di sekolah menulisnya. Ya, saya belum tahu saat itu akan menjadi orang seperti apa Jonru. Yang saya tahu, Jonru mengklaim dirinya sebagai orang yang kampiun ‎menulis sehingga otomatis ia bisa menularkan ketrampilan mengolah kata itu pada orang lain.

Di kesempatan lain, saya juga pernah melihatnya sekilas di Pesta Blogger yang saat itu berubah nama menjadi On Off ID tahun 2011. Namun demikian, saya belum pernah sekalipun berbincang dengannya. Jadi saya tak bisa banyak berkomentar atas sosoknya yang akhir-akhir ini amat kontroversial itu.

Seperti kita ketahui, Jonru adalah simpatisan PKS. Dan ia tidak malu-malu menunjukkan pandangan politiknya secara terbuka. Tidak salah. Itulah indahnya alam demokrasi. Bisa menghujat sana sini tanpa bukti. Tetapi saya lebih tertarik mengupasnya dari segi prestasi menulis. Ia mengecewakan.

Seorang teman yang juga simpatisan PKS menanyakan apakah saya benci Jonru. Bukan sosoknya yang patut dibenci, tetapi perbuatannya dan perkataannya yang bernada kebencian. Sungguh mengecewakan. Seseorang yang mengaku sebagai penulis tetapi buku-bukunya kalah membahana dibandingkan cuitan dan tulisan di jejaring sosial. Sekali dua kali mengecam masih manusiawi. Namun, bila menjadi semacam kebiasaan yang malah membuat kita teralihkan dari misi sebagai penulis (yaitu menyebarkan kabar dan pengetahuan yang baik), rasanya tidak berlebihan kalau saya merasa jengah.

Di tengah makan siang tadi, saya pun menyempatkan membaca email sendu itu. Begini tulis Jonru:

‎”Halo Akhlis

Apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya. .. Terima kasih banyak, Akhlis telah menjadi anggota setia pada newsletter ini. Dengan berat hati saya sampaikan, bahwa newsletter ini akan ditutup untuk selamanya sejak 1 Januari 2015. Tentu banyak pertimbangan yang tak bisa saya sebutkan satu-persatu di sini.

Namun jangan khawatir! Jika Akhlis ingin mendapat update terbaru mengenai pelatihan penulisan atau buku terbaru Jonru, dipersilahkan bergabung dengan akun sosial media:

– Twitter: @jonru

– Instagram: @jonruginting

– Fan Page: https://www.facebook.com/jonru.page

Jangan lupa bergabung juga dengan toko online yang dikelola oleh Jonru Management, yaitu: https://www.facebook.com/tokojonru

Jika Akhlis ingin mendapat update info pelatihan penulisan terbaru bersama Jonru, silahkan SMS ke nomor berikut: 085770482715 atau 081281956427 (SMS ONLY)

Format SMS: Nama Anda – Tempat Tinggal Anda

Contoh: Andi Wijaya – Jakarta

Nanti jika ada info pelatihan penulisan, kami akan menginformasikannya kepada Akhlis.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya…🙂 ..

Terima kasih dan salam sukses untuk Akhlis !!!

Tertanda,

Jonru Pengelola Newsletter dari Penulis Lepas Group‎

http://www.penulislepas.com.‎

Yang menarik perhatian saya, ia membuka surat tanpa sapaan “assalamualaikum”. Jonru malah menggunakan “halo”. Saya mengernyit. Mengapa? Apakah ia mulai melunak pada sekulerisme sekarang? Apakah kini ia sudah terlalu sibuk menangani kasus hukum karena namanya jadi kosakata baru? Atau karena alasan lain yang lebih rahasia?

Selamat tinggal, Jonru…

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s