Belajar Batik di Museum Tekstil

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/6d5/15427373/files/2014/12/img_5222.png
Museum membosankan? Tunggu dulu. Mungkin itu museum zaman Anda masih kecil. Museum-museum saat ini sedang berbenah diri agar tidak tertinggal oleh selera generasi muda yang lebih akrab dan melek teknologi. Seperti di Museum Nasional, yang dulunya cuma konvensional, sekarang mulai dimodernisasi. Ada komputer layar sentuh untuk pembelajaran interaktif mengenai sejarah Indonesia secara ringkas. Belum sempurna memang tetapi sebuah upaya yang patut diapresiasi.

Tatkala saya berkunjung ke Museum Tekstil di jalan KS Tubun kawasan Tanah Abang Sabtu kemarin (20/12), saya juga menemukan suasana yang lebih marak dan hidup. Entah di hari-hari biasa tetapi hari itu digelar acara megah yang mengundang kalangan pemerhati kain tradisional Indonesia, Komunitas Cinta Berkain atau KCB. Kebanyakan memang ibu-ibu paruh baya tetapi ada juga bapak-bapak.

Salah satu bapak-bapak itu adalah Kurnia Effendi yang mengundang saya dan teman saya Edy menampilkan koreografi yoga di depan audiens acara diskusi batik sekar jagadnya. Koleksi batik sekar jagadnya begitu memukau sehingga bangunan Galeri Batik sampai terisi penuh dengan koleksinya.

Sebagai orang Jawa dan Indonesia, saya memang miris dengan kondisi saya sendiri. Saya tak mau berkomentar soal kondisi orang lain. Toh masih banyak yang saya harus perbaiki dalam diri ini. Saya seperti tercabut dari akar budaya saya. Saya tak bisa membaca aksara Jawa, asing dengan batik dan jarang punya apalagi memakai busana batik dengan sengaja. Sungguh, saya bak kacang lupa kulit.

Hingga saya menyadari secara penuh bahwa budaya Indonesia sendiri tidak kalah mengagumkannya dengan budaya-budaya dari mancanegara, seperti Tiongkok dan Korea. Terlebih lagi Korea. Melihat anak-anak muda lebih akrab dengan lagu dan bahasa Korea daripada bahasa daerah dan lagu dalam negeri membuat saya trenyuh juga. “Rasanya ini salah,” gumam saya dalam hati.

Leave a comment

Filed under save our nation

Leave a Reply

