“Yoga di Sela-sela Kerja. Apa Bisa?”

‎Begitu pertanyaan yang terlontar dari seorang kenalan yang ingin mulai berlatih yoga lebih teratur untuk mengatasi problem kesehatannya. Saat saya bertanya problem yang ia maksud, ia menjawab malu-malu,”Mau menurunkan berat badan nih.”

Ia menganggap saya tempat bertanya yang tepat, hanya karena ia melihat foto-foto saya berasana akrobatik. ‎Saya mencoba meluruskan asumsinya, bahwa saya belum terlalu berpengalaman. Saya selama ini cuma lihai berasana. Belum sepenuhnya beryoga. Saya juga belum pernah secara rutin mengikuti yoga di pusat kebugaran atau studio yoga. Cuma sekali sepekan di Taman Suropati Menteng, kata saya lagi. Ia tetap tak percaya.

Saya katakan padanya jika hanya melakukan yoga di studio atau gym, kita akan terikat tempat dan waktu. Lakukan saja di mana saja jika ada kesempatan. Sekalipun itu berarti beryoga di tempat kerja.

“Tapi kondisi kantor saya kurang mend‎ukung,” ia beralasan.

Saya jawab sambil berseloroh,”Cari saja tempat yang agak sepi di kantor. Bisa stretching sebentar kan di situ?”‎

“Tidak ada yang sepi. Yang sepi cuma di toilet,” tukasnya lagi.

“Ya, bahkan toilet juga bisa”, seru saya‎. Tentunya saya tidak menyarankan melakukan yoga sebagaimana di tempat yang lebih lapang dan kondisinya lebih mendukung, tetapi setidaknya ada beberapa pilihan gerakan yang bisa dilakukan sekalipun tengah di kursi kerja atau di toilet sempit. Serius.

Misalnya, ada gerakan memutar badan (twisting)‎ dalam posisi duduk, yang cocok dilakukan di kursi kerja. Twisting diyakini bisa membantu memijat organ dalam tubuh. Coba juga melakuan gerakan mirip downward facing dog, hanya saja kedua tangan diletakkan di meja dan kaki Anda berdiri tegak. Punggung dan bahu akan lebih rileks. Sambil berdiri kemudian melipat tubuh ke depan (muka didekatkan ke lutut) juga meregangkan hamstring yang memendek setelah berjam-jam duduk. Jangan lupa untuk bernapas lebih dalam dan teratur. Pikiran juga difokuskan pada napas agar kesadaran terhadap tubuh juga terpelihara.

‎Jadi siapa bilang tidak bisa beryoga di tempat kerja?

2 Comments

Filed under yoga

2 responses to ““Yoga di Sela-sela Kerja. Apa Bisa?”

  1. uci duck himura

    asiiiik klo gitu foto foto bisa di lakukan lagi hihi

  2. widih.. itu yoga apa lgi ngedance.🙂

Leave a Reply

