4 Fotografer Gila di Balik Foto-foto Yoga

‎Foto-foto yoga sinting itu tak tercipta dengan sendirinya. Mereka ada berkat bantuan para fotografer ini. Sementara saya berpose, mereka mengerahkan segala daya upaya, bakat dan ketrampilan, pengalaman serta pengamatan agar hasil tertampil sesempurna mungkin di mata Anda semua. Meski harus diakui kesempurnaan hanya milik Allah – kata Dorce – mereka tidak pasrah dengan peralatan, lighting, dan kondisi model yang seadanya. Dan kalau banyak orang mengira saya gila, mereka sering lebih gila lagi dari saya dengan meminta pose-pose nan musykil dilakukan oleh badan saya yang ringkih ini.

1. Dwi Budi Susetyo alias Tyo
Di malam hari, Tyo sering memberi inspirasi via Whatsapp. Bentuknya foto-foto pose menantang dari siapa saja yang ia temukan di dunia maya. Tanpa kalimat pengantar, ia hanya mengirimkan pada saya. Maksudnya tentu mendorong saya untuk mencobanya nanti jika ada kesempatan. Ia tahu saya suka bereksplorasi sekali sepekan di Taman Suropati. Kebanyakan foto-foto saya di taman itu adalah hasil jepretan beliau dengan menggunakan smartphonenya yang selalu bertanya “apa” dalam bahasa Jawa, Oppo.

2. Lusia Ambarwati atau Uci Duck Himura
‎Cari saja di Facebook nama aliasnya. Nama aslinya sungguh tak dikenal orang. Mungkin ia anggap kurang membawa hoki. Yang pasti bagi saya, kadang ide-idenya membuat saya bergidik ngeri. Hasil pengejawantahan ide paling sintingnya ialah saat saya headstand di zebra cross perempatan jalan saat sekelompok kendaraan bermotor berhenti menunggu lampu hijau. Anda bayangkan saja dag dig dug-nya. Headstand dengan berpacu bersama waktu, yang cuma kurang dari semenit. Kalau saya lihat foto itu kembali, saya tidak yakin itu diri saya sebenarnya. Itu badan saya yang sedang kerasukan instruksi beliau. Kamera DSLR-nya membuat kualitas foto-foto lebih bagus.

3. Edward Tjokro atau Ed
‎Seorang teman pernah bertanya pada saya, kalau saya foto yoga di tempat kerja, siapa yang mau membantu saya menekan tombol kamera? Kantor baru saya berbeda kondisinya dari musholla di kantor sebelumnya yang lebih kondusif. Sebelumnya musholla di kantor terdahulu lebih senyap dan saya bisa memakai timer untuk ambil gambar sendiri. Lebih praktis. Tapi sejak pindah ke gedung pencakar langit ini, saya harus mengandalkan jasa Ed. Pria plontos yang tinggal di kawasan banjir itu pasrah saja kalau saya meminta bantuan mengambil gambar di sudut-sudut kantor selepas jam kerja. Kebanyakan foto saya di kantor adalah hasil bantuannya yang tanpa pamrih. Seperti saat saya melakukan astavakrasana di atas safe deposit box, camel pose di sebuah sudut di atas laci, dan sebagainya. Lain dari dua orang sebelumnya, Ed tak tahu yoga dan bukan praktisi yoga. Namun, ia pernah mengambil beberapa kelas yoga singkat dengan saya di kantor, dan sejak itu belum mencoba lagi.

4. Pak Dirman alias Ipoenk Tjabic
‎Foto pose natarajasana di tulisan ini diambil olehnya. Pak Dirman yang chubby ini bekerja sebagai security officer di kantor. Dan ia pernah menyarankan saya mengambil foto yoga di tempat-tempat yang di luar dugaan seperti lift, atau di meja maket, atau di ruang rapat dan kerja direksi. Yang terakhir saya masih pertimbangkan masak-masak karena bisa jadi berisiko untuk kelanggengan karir saya di sana. Dan sejujurnya manajer saya sudah pernah menyaksikan foto-foto saya di jejaring sosial. Dan tak ada pelarangan apapun, bahkan ia mau memasukkan itu dalam situs berita kami, sebuah ide yang terlalu berani buat saya. Pendiri perusahaan juga pernah menyaksikan saya headstand, jadi sudah bukan barang aneh lagi.

Jadi jika lain kali ada foto-foto yoga saya, Anda bisa tebak fotografer mana yang mengambilnya sekarang.

1 Comment

Filed under yoga

One response to “4 Fotografer Gila di Balik Foto-foto Yoga

  1. uci duck himura

    jadi menurut bapak, yang gila itu ide ide fotografernya atw gila karena melihat pose pose yoga nya? susah mencari model yang kayak gitu tuch

Leave a Reply

