20 Tips Bermeditasi bagi Pemula

‎MEDITASI ialah seni memfokuskan pikiran Anda sepenuhnya pada satu hal saja (biasanya berupa napas dan tubuh kita sendiri). Praktik ini dikenal memberikan banyak manfaat, dari tingkat konsentrasi yang lebih baik, kecemasan yang menurun hingga perasaan bahagia. Dan yang patut diketahui, meditasi tidak mengarah pada satu keyakinan tertentu karena dilakukan tanpa mantra atau doa.

Meski banyak orang mencoba meditasi, hanya sedikit yang kemudian bisa melakukannya secara rutin dalam jangka panjang. Sangat disayangkan jika seseorang berhenti begitu saja. Hal itu sebagian karena banyak orang yang mulai bermeditasi dengan pemikiran yang salah.
Tujuan artikel ini ialah memberikan 20 saran untuk membantu para pemula untuk bermeditasi dengan lebih terarah dan dapat berkomitmen melakukannya dalam jangka panjang.

1. Membuatnya jadi praktik formal. Anda akan hanya membuat kemajuan dalam meditasi dengan meluangkan waktu tertentu (idealnya dua kali sehari) untuk bermeditasi.

2. Mulailah dengan bernapas. Bernapas lebih dalam dan panjang memperlambat detak jantung, merilekskan otot-otot, memfokuskan pikiran dan menjadi cara ideal untuk memulai berlatih.

3. Regangkan badan dulu. Peregangan melemaskan otot-otot dan tendon yang memungkinkan Anda untuk duduk (atau berbaring) dengan lebih nyaman. Di samping itu, peregangan dimulai dengan proses “memahami diri” dan membawa perhatian ekstra pada tubuh.

4. Meditasilah dengan sebuah tujuan. Para pemula harus paham bahwa meditasi ialah proses yang aktif. Seni memfokuskan perhatian ke satu titik sungguh bukan hal yang mudah dan Anda harus terlibat dengan penuh kesadaran.

5. Sadari rasa frustrasi dalam diri Anda. Inilah hal yang paling lazim yang dirasakan oleh pemula. Benak Anda akan bergumam,”Apa yang saya sebenarnya lakukan?” atau “Kenapa saya tetap tak bisa menenangkan pikiran?” Saat ini terjadi, fokuskan pikiran pada napas masuk dan keluar. Dengan begitu, biasanya pikiran frustrasi atau bosan bisa dikendalikan.

6. Eksperimen. Meski banyak orang berpikir meditasi yang efektif adalah duduk diam di bawah pohon rindang, pemula mestinya bereksperimen dengan berbagai posisi yang ia anggap nyaman. Bisa duduk bersila, berbaring, bahkan dengan mata terbuka, dan sebagainya.

7. Rasakan bagian-bagian tubuh. Sebuah latihan untuk pemula ialah dengan memperhatikan badan saat meditasi mulai. Setelah pikiran lebih tenang, fokuskan perhatian pada telapat kaki lalu perlahan bergerak ke atas, ke betis, paha, perut, dan seterusnya. Termasuk rasakan dengan pikiran Anda organ-organ dalam tubuh seperti usus, jantung, paru-paru, dan lain-lain. Rasakan jika ada sakit di beberapa bagian, atau jika terasa baik-baik saja semuanya, tidak ada salahnya selipkan rasa syukur pada Yang Kuasa. Rasa syukur akan membuat kita lebih bahagia dan puas.

8. Pilih ruangan yang khusus di rumah untuk bermeditasi. Pastikan ruang itu bukan ruang kerja, ruang olahraga atau ruang tidur. Mengapa? Karena ini bisa membuat Anda lebih fokus dan lepas dari beban mental aktivitas sehari-hari. Redupkan lampu dan nyalakan lilin, bisa yang jenis aromaterapi, untuk membuat syaraf pikiran lebih tenang.

9. Baca buku meditasi. Dapatkan buku meditasi yang memuat instruksi meditasi dan manfaat-manfaatnya. Ini akan memotivasi pemula.

10. Komitmenlah dalam jangka panjang. Meditasi itu praktik jangka panjang dan Anda akan menuai manfaat dengan tidak menilai pencapaian atau hasil latihan meditasi harian Anda. Tugas Anda hanyalah melakukannya dengan penuh disiplin dan komitmen tiap hari dua kali dan jangan pikirkan hasilnya. Terus saja lakukan.

11. Dengarkan rekaman instruksi atau CD bertema meditasi yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

12. Temukan momen-momen penuh kesadaran diri (self awareness) selama Anda menjalani aktivitas harian. Rasakan napas dan menghayati masa kini dengan fokus sepenuhnya pada apa yang Anda lakukan saat Anda tidak melakukan meditasi secara formal merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kebiasaan meditasi Anda.

13. Pastikan Anda tidak merasa terganggu. Salah satu kesalahan terbesar pemula ialah tidak memstikan kondisi bermeditasi yang damai. Jika Anda merasa terhantui oleh pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, atau hal-hal lain akan bisa menyela meditasi Anda, akan lebih sulit untuk mencapai relaksasi yang diharapkan. Maka dari itu, meditasi idealnya dilakukan di dini hari atau pagi buta saat tak banyak gangguan terjadi. Atau bisa juga saat malam menjelang tidur, saat pikiran lebih santai.

14. Perhatikan penyesuaian kecil. Bagi pemula, gerakan fisik terkecil bisa membuat praktik meditasi menjadi lebih nyaman dan efektif. Penyesuaian ini mungkin tak terasa bagi si pengamat tetapi berdampak besar.

15. Nyalakan lilin. Meditasi dengan mata tertutup biasanya membuat pemula mengantuk dan bosan. Nyalakan lilin dan gunakan lilin sebagai titik fokus untuk memperkuat meditasi dengan bantuan objek visual.

16. Santailah saat bermeditasi. Ini kiat terpenting bagi banyak pemula dan cukup menantang untuk diterapkan. Tak peduli apa yang terjadi selama bermeditasi, santailah. Lepaskan tekanan, beban. Bebaskan pikiran dari semua itu. Sebebas mungkin. Dan yang penting, nikmati kebebasan itu.

17. Lakukan bersama-sama. Bermeditasi dengan orang terdekat bisa memberi banyak manfaat dan meningkatkan kualitas latihan. Namun, pastikan Anda dan teman meditasi memahami aturan-aturan dasarnya.

18. Meditasilah di pagi hari. Seperti telah disinggung tadi, waktu pagi sebelum banyak rutinitas adalah waktu yang dirasa lebih tepat bagi orang pada umumnya. Bangunlah lebih awal 30 menit dari sebelumnya agar bisa bermeditasi tanpa gangguan.

19. Bersyukurlah di akhir meditasi. Setelah latihan selesai, luangkan 2-3 menit untuk memberi apresiasi pada diri karena telah meluangkan waktu untuk bermeditasi dan telah berupaya untuk berlatih fokus. Ini saja sudah perjuangan tersendiri.

20. Perhatikan kapan minat bermeditasi mulai memudar. Meditasi bukan rutinitas ringan dan Anda akan sampai di satu titik saat Anda merasa latihan menjadi membosankan atau tak sesuai ekspektasi semula. Inilah saatnya Anda menemukan motivasi kembali melalui buku, teman atau mentor meditasi yang tepat.

Selamat mencoba!

(disarikan dan diadaptasi dari tulisan Todd Goldfarb)

Dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry 10 saya dengan jaringan 3 Indonesia.

Leave a comment

Filed under health, yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s