Bagaimana Kebiasaan “Google Aja” Perburuk Kemampuan Berpikir Manusia Modern

Lain kali jika teman Anda bertanya tentang sesuatu pada Anda, jangan buru-buru menyarankan mereka untuk menggunakan mesin pencari atau smartphone demi menemukan jawabannya.

Sebuah survei menyimpulkan bahwa bagi sebagian orang, smartphone dapat mendorong orang memiliki pikiran yang malas karena membuat mereka cenderung lebih sering menggunakan komputer daripada menggunakan kekuatan otak sendiri.

Survei ini meneliti 3 studi sebelumnya yang melibatkan 660 peserta yang mencoba mendefinisikan dan menjumlah strategi dan ketrampilan analitis mereka. Para peneliti mencermati gaya-gaya pemikiran dalam sebuah skala yang bervariasi, dari intuitif hingga analitis. Para peserta kemudian diukur ketrampilan numeral dan verbal mereka.

Analisis kebiasaan smartphone peserta menunjukkan para pemikir yang lebih analitis yang menunjukkan kemampuan kognitif yang lebih kuat menghabiskan fungsi mesin pencari lebih jarang di perangkat mereka. Analisis menunjukkan para pemikir intuitif cenderung suka mengambil jalan pintas dalam pemecahan masalah dan cara belajar sebuah pengetahuan. Sementara para pemikir analitis lebih suka menerka sendiri dan mengambil pendekatan kognitif yang lebih logis dan detil.

“Selama beberapa dekade penelitian menunjukkan bahwa manusia ingin tahu bagaimana menghindari kesusahpayahan dalam memecahkan masalah dan tampaknya orang masih akan terus makin sering memakai smartphone sebagai otak cadangan mereka,” ungkap peneliti Nathaniel Barr dari University of Waterloo dalam sebuah pernyataan pers.

Peneliti juga menemukan bahwa penggunaan jejaring sosial yang lebih sering dan aplikasi-aplikasi hiburan berhubungan dengan ketrampilan kognitif yang lebih rendah.

Psikolog Gordon Pennycook menambahkan bahwa riset yag dipublikasikan di jurnal Computers in Human Behavior itu menegaskan adanya hubungan antara penggunaan ponsel cerdas yang terlalu sering dengan kecerdasan yang melorot.

Namun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah smartphone bisa menurunkan kecerdasan penggunanya bila dipakai berlebihan.

1 Comment

Filed under health

One response to “Bagaimana Kebiasaan “Google Aja” Perburuk Kemampuan Berpikir Manusia Modern

  1. Setuju!

    Apa-apa di google…-_-*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s