Berkarya Lain dari Bergaya ( Dari @aseanlitfest)

Terpanggang hingga hampir matang di bawah tenda di depan panggung itu tidak membuat kami meninggalkan diskusi tentang dua penyair Indonesia kenamaan yang sudah berpulang. Yang satu sudah lama wafat sementara yang lain baru-baru ini berpulang. Karena panitia Asean Literary Festival 2015 tidak bisa mengundang arwah Chairil Anwar dan Sitor Situmorang, mereka pun menghadirkan Joko Pinurbo (yang secara absurd dipanggil Jokpin) dan Hasan Aspahani. Pertukaran pemikiran kedua pembicara di diskusi “Blast from the Past” sore tadi (22/3/2015) di Taman Ismail Marzuki Jakarta itu makin membara – selain karena sengatan mentari di atas sana – juga berkat kepiawaian Damhuri Muhammad ‎dalam menyarikan dan menegaskan poin-poin penting dalam pernyataan-pernyataan yang menggelitik, menohok, dan jitu.

Dalam diskusi, bertebaran kalimat dan anekdot-anekdot seksi tentang sastra, nasib menjadi penyair hingga durian ketan. ‎Salah satunya yang menarik ialah sindiran Jokpin yang jenaka dan sarkastis tentang bedanya bergaya dan berkarya. “Kadang-kadang kita lebih tertarik untuk memperhatikan gaya hidup pengarang dibanding mempelajari benar-benar karyanya,” kritik pria berambut abu-abu itu. “Kita terpukau dengan gaya hidupnya. Itu yang kita jadikan panduan kita. Kita harus seperti dia tapi kita tidak belajar apapun dari karyanya.”

Jokpin sendiri mengakui dirinya pernah menjadi korban tren gaya hidup penyair ala Chairil. Hanya karena pernah disebutkan Chairil sering mencuri buku di perpustakaan, banyak calon penyair muda‎ Indonesia seangkatan Jokpin yang berlomba-lomba mencuri buku pula. Sayangnya, dalam hal berkarya, sebagian besar pencuri buku itu nol besar. Saya sendiri juga mengakui demikian; membeli MacBook hanya karena J. K. Rowling, Haruki Murakami dan John Green memakainya. Sial!

2 Comments

Filed under writing

2 responses to “Berkarya Lain dari Bergaya ( Dari @aseanlitfest)

  1. Edrida Pulungan

    wow singkat dan asyik bacanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s