Plastik Biodegradable Tak Seramah Lingkungan yang Kita Duga

Jangan tertipu. Hanya karena ada awalan “bio”, tidak serta merta sesuatu pasti ramah lingkungan. Seperti itulah yang ditemukan oleh tim peneliti dalam sebuah studi ilmiah yang menyimpulkan bahwa zat tambahan yang umum dibubuhkan dalam plastik yang diklaim biodegradable (lebih mudah dan cepat diurai secara alami di alam bebas) sebenarnya tidak lebih cepat membantu penguraian bahan tersebut dibandingkan plastik yang tidak diklaim biodegradable.

Dengan naiknya populasi manusia dan meluasnya tempat penimbunan sampah, sampah plastik menimbulkan masalah besar di seluruh dunia. Lain dari banyak jenis sampah lainnya, plastik membutuhkan puluhan tahun untuk bisa terurai. Sejumlah perusahaan mengklaim telah bisa memecahkan masalah itu dengan memproduksi plastik yang mereka klaim sebagai “biodegradable”. Plastik jenis itu memiliki zat tambahan yang dikatakan mampu mempercepat penguraian bahan-bahan kimia dalam plastik.

Plastik yang tidak tertimbun di tempat pembuangan akhir (TPA) kerap tertimbun begitu saja di jalan-jalan perkotaan, dan berakumulasi di sungai-sungai, lautan dan sumber air minum.

Baru-baru ini, sebuah tim peneliti dari Michigan State University yang dikelapai oleh Susan Selke dan Rafael Auras menguji tingkat
keteruraian plastik yang memiliki 5 senyawa berbeda yang dikatakan bisa meningkatkan kecepatan proses penguraian plastik.

Tim peneliti yang menjadi bagian dari Center for Packaging Innovation and Sustainability
kampus tersebut menguji plastik di bawah timbunan sampah di lab dan plastik yang terkubur dalam tanah selama 3 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada satu pun senyawa itu yang meningkatkan kadar keteruraiannya.

Studi ini diterbitkan pekan ini dalam jurnal Environmental Science and Technology.

“Saya merasaskeptis mengenai plastik biodegradable dari awal karena material itu tak biasanya terurai dengan mudah,” ujar Fred Michel, pakar manajemen sampah dan profesor di Ohio State University yang dikutip oleh KQED. “Sulit untuk membayangkan material yang Anda tambahkan ke plastik yang akan secara ajaib membuatnya terurai dengan lebih mudah.”

Michel dan rekan-rekannya juga menemukan bahwa klaim dari
pabrikan-pabrikan plastik itu sebagian besar tidak dapat
dipertanggungjawabkan.

“Saya tidak terkejut,” ucap Michel,”tetapi menarik mengetahui adanya material di pasar yang seperti itu, yang memiliki klaim yang tak bisa dibuktikan dalam pengujian kami.”

1 Comment

Filed under environment

One response to “Plastik Biodegradable Tak Seramah Lingkungan yang Kita Duga

  1. Budayakan daun lagi aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s