Yoga Baik untuk Kesehatan Jantung Anda, Kata Studi Ini

Menurut sebuah studi terbaru, yoga memiliki efek positif bagi jantung. Manfaat kardiovaskuler memang jarang ditawarkan sebagai faktor yang paling menarik bagi mereka yang ingin mencoba yoga. Sebagian besar orang yang melakukan yoga mengatakan efek positif yoga bisa dirasakan pada persendian dan otot mereka dan menjadi cara yang efektif dalam mengurangi stres. Namun, sebuah riset menyimpulkan bahwa yoga bisa meningkatkan kesehatan jantung sebagaimana olahraga lainnya seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Studi yang dipublikasikan dalam terbitan terbaru European Journal of Preventive Cardiology menghadirkan sebuah survei jenis-jenis yoga dan efeknya pada kesehatan jantung. Meskipun yoga tidaklah jenis latihan yang ideal untuk meningkatkan stamina kardiovaskuler yang diperlukan bagi lari jarak jauh, survei menunjukkan latihan yoga bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol – semua faktor yang memiliki kaitan dengan risiko penyakit jantung.

“Yoga sangat unik karena menggabungkan kegiatan fisik, napas dna meditasi,” ujar peneliti Dr. Gloria Yeh, pengajar ilmu kedokteran di Harvard Medical School, yang baru-baru ini menuliskannya di laman Harvard Health Blog.

Yeh lebih lanjut merinci bahwa peregangan dan latihan otot itu membantu tubuh untuk memproses glukosa lebih baik dan mengatur naiknya insulin, yang penting bagi tubuh dalam pertahanan terhadap penyakit jantung. Di saat yang sama, meditasi dan latihan napas (pranayama) dibuktikan bisa mengurangi ketegangan dan kecemasan, mengurangi stres pada sistem kardiovaskuler dan sirkulasi darah.

Tentu, meski yoga memiliki manfaat kesehatan, manfaatnya akan lebih terasa jika dikombinasikan dengan jenis latihan kardiovaskuler lainnya seperti lari, bersepeda dan berenang.

Christie Kuo, seorang perawata di Massachusetts General Hospital, mengatakan pada Harvard Health Blog bahwa ia sering membantu pasien-pasiennya untuk pulih lebih cepat dengan melakukan pose-pose yoga tertentu yang aman bagi mereka.

“Memberikan fokus pada napas sangatlah penting selama latihan kekuatan selama rehabilitasi,” ungkap Kuo. “Dan kesadaran penuh yang didapatkan dari meditasi bisa membantu Anda mengatasi stres saat menderita penyakit, makan lebih sehat dan tidur lebih nyenyak, semua itu membantu Anda pulih lebih cepat.”

Leave a comment

Filed under health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s