Jika Cedera Setelah Yoga…

Meskipun bentuk ‘olah raga’ dengan manfaat yang optimum namun rendah resiko cedera, yoga asanas sebaiknya tetap dilatih dibawah bimbingan pengajar yoga yang berpengalaman dan tekun. Cedera dalam melakukan atau berlatih asanas bisa disebabkan diantaranya oleh :

1. Cedera karena faktor Traumatik
* Terjadi Spontan / Seketika / Mendadak ( eksekusi postur/gerakan terlalu cepat dan mendadak )
* Trauma Ekstristik ( penyebabnya diketahui, misal terjatuh, terkilir, dll ) * Trauma Intristik ( penyebab tidak dapat diketahui saat kejadian; misal tendon Achilles yg terputus, otot ‘menangis’, dll ).
* Adanya faktor Resiko – penyakit, kondisi, dll ( hipertensi, HNP, osteoporosis, pengentalan darah, minum obat tertentu, dll )
.
2. Cedera karena faktor Overuse
* Latihan asanas dilakukan secara berlebih dan dipaksakan ( overuse, overstretch, overtraining ).
* Postur dan gerakan dilakukan secara tidak selaras ( no-alignment ) secara berulang-ulang.
* Dehidrasi, Malnutrisi, Suhu Ruangan dan pengunaan props dengan kondisi tidak baik.
.
Catatan : Hal ini ( nyeri karena overuse ) biasanya tidak serta merta dirasakan, biasanya baru akan “terasa” saat malam hari atau pagi hari esoknya. Jika latihan tetap di teruskan, rasa nyeri akan semakin bertambah dan memburuk – sebaiknya langsung istirahat dan lakukan P.R.I.C.E.S (Penjelasan di bawah). Hal ini bisa berlanjut menjadi masalah kronis jika nyeri terus terjadi dan meningkat dan mulai mengangu pergerakan atau aktifitas lain.
.
Contoh : Nyeri pada kelompok otot-otot Hamstring, area Pingang, Bahu, Dada, Lengan Atas, Sendi Lutut, Leher dan Pergelangan Tangan, dll. .
Tips : ego harus menghormati tubuh, hindari selfie / show off & memaksakan kemampuan diri ( hanya bandingkan diri anda kemarin dengan hari ini, jangan dengan orang lain )..

PRICE adalah:

Protection. ( Hentikan Kegiatan seketika )
Rest. ( Istirahatkan Area Cedera )
Ice. ( Kompres Es – mengurangi nyeri & metabolisme )
Compression. ( Perban )
Elevation. ( Tinggikan area cedera )
Support. ( Gunakan alat bantu jika dirasa perlu )

*Dikutip dari penjelasan Setyo Jojo

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s