Jangan Komersialisasikan dan Perlombakan Yoga

“Saya bisa celaka dengan uang…”

Kalimat itu terlontar dari mulut seorang pria berambut putih di suatu siang yang gegap gempita. Namun, kehadirannya membuat suasana meriah mereda sementara. Kalimatnya tertata. Tampak otaknya yang renta — yang meski tak setajam para pemuda — makin penuh dengan pemikiran bijak setelah menapaki hidup lebih dari 8 dasawarsa.

Yogamurti, demikian nama sang pembicara, adalah salah satu guru yoga yang ‎menjadi sesepuh dalam dunia yoga tanah air. Kepribadiannya lemah lembut dan menampik kemewahan, tecermin dari kisah kehidupannya di masa lalu sebagai praktisi dan pengajar yoga. Ia mengatakan pernah menolak ajakan mengajar yoga di sebuah hotel berbintang untuk para tamu. Ia diiming-imingi bayaran jutaan rupiah. Yogamurti tak berubah pikiran. Bahkan hingga sekarang tak terlintas penyesalan.

Yogamurti mengaku belajar yoga “tidak banyak”. Entah apa yang ia maksudkan dengan frase itu tetapi tentunya ia merendah. Pria itu juga berucap,”Saya mengajar yoga hanya (secara -red) sukarela‎.”

Masih menurut Yogamurti, sepengetahuannya guru yoga pertama di tanah air adalah seorang kepala polisi. “(Dia adalah) bapak Kolonel Soekamto Tjokrodiatmodjo‎. Beliau belajar yoga langsung dari Shivananda di Rishikesh, kaki gunung Himalaya,” tuturnya.

Dengan nada bicara yang pelan, Yogamurti menegaskan pesannya bagi para peminat dan pelaku yoga: Jangan mengomersialisasikan dan memperlombakan yoga. “Kalau ada yang memperlombakan, nanti ada yang mati,” tukasnya. Entah apa yang ia maksud dengan “mati”.

‎Ironisnya, wejangan Yogamurti amat bertolak belakang dengan kenyataan di lapangan saat ini. Seorang teman yang menggemari yoga berkata baru saja pada saya betapa yoga sedang naik daun. “Sekarang (yoga) lagi tren banget. Semua artis suka yoga pasang-pasangan. Kan bisnis banget itu,” ketiknya di jendela percakapan virtual. Bisnis…

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s