Prostat Sehat Diawali dari Kesehatan Gusi yang Terjaga

Tubuh manusia memang mesin yang luar biasa. Satu sama lain saling berkaitan dengan cara yang sangat tidak terduga. Seperti yang kita temukan dalam hubungan kelenjar prostat dan gusi. Ternyata kesehatan keduanya memiliki kaitan.

Meski jarak kelenjar prostat dan gusi cukup berjauhan, sebuah studi menemukan bahwa keduanya saling terkait. Studi sebelumnya menunjukkan kaitan antara penyakit gusi dan prostatitis (peradangan kelenjar prostat). Kelenjar ini bertanggung jawab atas produksi air mani atau semen. Kini, studi terbaru menemukan bahwa perawatan gusi meringankan gejala prostatitis.

Dalam sebuah pernyataan resmi, ilmuwan Nabil Bissada yang terlibat dalam studi ilmiah itu berkomentar bahwa jika penyakit gusi ditangani dengan baik, gejala prostatitis akan menjadi lebih ringan dan kualitas hidup pria akan lebih baik. Bissada juga menjabat sebagai pimpinan dalam departemen periodontis lembaga pendidikan kesehatan gigi Case Western Reserve.

Temuan studi yang diterbitkan di jurnal Dentistry tersebut selaras dengan bukti bahwa penyakit gusi sering menjadi pertanda terjadinya peradangan yang mempengaruhi banyak sistem dan organ tubuh lainnya. Riset sebelumnya di sekolah kesehatan gigi tersebut menghubungkan peradangan dengan kematian janin, arthritis rematik dan penyakit jantung.

Sebagai bagian dari studi terbaru, peneliti meneliti 27 pasien pria, berusia 21 tahun ke atas yang memiliki sampel darah yang menunjukkan tingkat antigen spesifik prostat yang meninggi. Hal itu menjadi penanda adanya peradangan dan kanker.

Mayoritas pria ditemukan menderita peradangan ringan atau tidak sama sekali namun 15 di antaranya dinyatakan menderita tumor jinak setelah biopsi dilakukan. Dua pasien menderita peradangan dan kanker. Semua menunjukkan adanya tanda penyakit gusi.

Peneliti menemukan bahwa setelah para pria ini diberikan perawatan gusi (tanpa memberikan perawatan pada gejala peradangan prostat), mayoritas mengalami penurunan tingkat PSA. Sebagian besar pria dengan peradangan atau masalah buang air kecil menunjukkan makin ringannya keluhan prostatitis. Enam pria tidak mengalami perubahan apapun dalam tingkat PSA dan gejala prostratitis tak juga menghilang atau mereda.

Bissada dan rekan-rekannya saat ini melaksanakan riset tindak lanjut untuk mengetahui dengan akurat apakah perawatan gigi bisa dijadikan bagian tidak terpisahkan dari perawatan penyakit prostat.

Nah, Anda para pria, sudahkah memeriksakan kesehatan gusi untuk meningkatkan kesehatan prostat Anda?

Leave a comment

Filed under health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s