Perayaan Hari Yoga Juga Tuai Kritik di Negeri Asalnya

Di Jakarta, polemik perayaan Hari Yoga Dunia muncul karena
penyelenggaraan oleh Kedubes India di Jakarta akan dilakukan di pagi hari bulan Ramadhan. Bagi pelaku yoga yang menjalankan ibadah puasa, aktivitas fisik yang intens mungkin agak dihindari di pagi dan siang. Sore dipandang lebih tepat karena lebih dekat dengan waktu berbuka puasa.

Tidak cuma di Jakarta, di India perayaan kolosal satu ini juga memicu polemik. Acara yang digagas pemerintah India itu menjadi sasaran kritik umat muslim India karena penggunaan mantra (chanting) yang berkaitan dengan keyakinan tertentu.

PM Narendra Modi mengadakan acara tersebut yang sedianya akan berlangsung cuma 35 menit saja (bukan 90 menit layaknya kelas yoga reguler) dan hanya berupa demonstrasi terbuka gerakan-gerakan yoga opleh lebih dari 35 ribu pegawai negeri India yang dijadwalkan tanggal 21 Juni nanti, demikian laporan The New York Times. Namun, olah tubuh itu juga melibatkan mantra dalam bahasa Sansekerta dan berbagai postur yang dianggap sejumlah kalangan aktivis Muslim sebagai pelanggaran keyakinan Monotheisme mereka.

Acara itu, tulis laman NPR, juga akan diadakan di berbagai tempat di luar India. Ada 192 negara yang berpartisipasi dalam event ini. Salah satunya Indonesia, yang dipusatkan di Jakarta.

Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj sendiri mengklaim acara itu memiliki misi utama membawa dunia yang penuh konflik ini menuju “jalan kedamaian”. Apa daya, ternyata penyelenggaraannya malah memicu konflik bahkan sebelum dimulai.

Patu diketahui di India, staf PM Modi sedang memberikan pemahaman atas mispersepsi mengenai tujuan gerakan ini setelah kelompok konservatif parlemen India menyatakan penentangan atas gagasan melakukan gerakan sun salutation untuk “hanyut ke laut”, tulis laman Upi.com.

Namun, tak semua umat muslim menentang acara yoga publik ini. Pembuat film Sohail Hashmi yang beragama Islam mengatakan ia tidak menolak melakukan sun salutation atau beryoga, yang ia anggap sebagai sesuatu yang “universal”. “Ini [ yoga – red] adalah metode yang amat bagus untuk membersihkan tubuh dan menyehatkannya,” ungkapnya sebagaimana dikutip laman NPR.

Keinginan PM Modi untuk membawa akar spiritual yoga dari India masa lalu diharapkan akan membuat dampak yang luar biasa bagi para birokrat India.

Para PNS India yang sebagian besar diwajibkan menghadiri acara ini diperintahkan untuk mencetak rekor sebagai kelas yoga terbesar sedunia pada tanggal 21 Juni, lapor The Times. Modi mengundang Guinness World Records untuk menyaksikan acara pada pukul 7 pagi hati Minggu nanti itu dan para PNS akan hadir untuk mematuhi instruksi pemerintah.

Kementerian Yoga India menyatakan perayaan yoga ini bisa menjadi peluang untuk menyaring peninggalan masa lalu negeri bekas jajahan Inggris itu. “Sebelumnya, warga India terbiasa bangun sebelum matahari terbit dan tertidur sebelum matahari terbenam namun sekarang gaya hidup sudah berubah,” ungkap Shripad Naik yang menjabat sebagai Menteri Yoga India itu.

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s