Kiat Atasi Kedinginan dan Kepanasan di Tempat Kerja

Cuaca di luar begitu terik tetapi ironisnya Anda meringkuk kedinginan di meja kerja Anda. Bekerja menjadi begitu kurang nyaman karena Anda kerap buang air kecil atau terus salah mengetik sehingga pekerjaan makin lama untuk diselesaikan. Namun, di sisi kantor yang lain rekan kerja Anda mengeluh pendingin ruangan yang tak bekerja maksimal sehingga membuat mereka kegerahan sepanjang jam kerja.

Jika Anda juga mengalami maslaah serupa, tak ada salahnya menyimak kiat dari Grant Bue, pakar dari Johnson Space Center NASA yang kerap menghadapi masalah sama. Tim Bue membuat model thermal yang nyaman di kabin-kabin pesawat dan . Berikut kiatnya mengatasi kesenjangan suhu saat bekerja.

HANGATKAN TORSO
Memakai pakaian tebal memang ampuh tetapi yang lebih penting ialah hangatkan torso Anda. Saat bahu, dada dan perut kedinginan, aliran darah dalam tubuh di kulit, kaki dan lengan akan tersendat. Jadi saran Bue adalah pakai baju berlapis agar badan tetap hangat namun tidak sampai membuat Anda kegerahan.

PAKAI ALAS KHUSUS
Saat duduk, pakailah mat pelapis khusus yang berguna untuk menahan panas tubuh agar tidak keluar begitu saja saat dingin menyerang bokong dan punggung yang menyentuh kursi. Produk itu misalnya Brunton Heatsync Zone.

Namun demikian cara itu dalam jangka panjang kontraproduktif agar torso tubuh tetap hangat, kata Kenneth Diller, profesor teknik biommedis di University of Texas, Austin dan juga pakar tentang regulasi suhu di badan manusia. Menghangatkan daerah pinggul bisa membuat “kebocoran panas” melalui telapak tangan kaki kita, kata Diller.

Untuk mengatasinya, pastikan kedua kaki diinsulasi juga, ujarnya. Jika sepatu kurang hangat bagi Anda, tambahkan sandal ekstra.

KENAKAN PENUTUP LEHER
Bue mengatakan aliran darah yang penting mengalir di sekitar leher agar kita tetap hangat. Memakai scarf menghalangi keluarnya panas tubuh dari leher.

TUTUP TELINGA
Tutupi lubang telinga karena kedua lubang ini juga titik-titik keluarnya panas tubuh, kata Diller. Penutup telinga besar efektif menghangatkan tubuh juga.

PERSERING BERGERAK
Bue menyarankan untuk tidak berdiam diri. Seringlah bergerak. “Berjalan dan bergerak menaikkan tingkat metabolisme dan menjaga darah tetap mengalir dalam tubuh,” ungkapnya.

Lain halnya jika kantor Anda terlalu panas, Bue menyarankan agar:

ARAHKAN KIPAS ANGIN KE KEPALA
“Saat tingkat metabolisme Anda sesuai untuk bekerja, yang sekitar 450 BTU per jam, mayoritas pengaturan panas tubuh terjadi di kepala,” ujar Bue. Jadi Anda tinggal arahkan angin sejuk ke bagian tubuh yang menolak sebagian besar panas.

DINGINKAN ANGGOTA BADAN
Memakai gel pendingin di telapak kaki dan tangan efektif mengusir panas. Tetap pegang selama beberapa menit, jelas Diller.

Leave a comment

Filed under miscellaneous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s